STRATEGI KOMUNIKASI PEMULIHAN CITRA PARIWISATA JOGJA PASKA BENCANA ERUPSI MERAPI (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, dan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta dalam Memulihkan Citra Pariwisata Jogja)

Wongi, Fransisca Yosi (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMULIHAN CITRA PARIWISATA JOGJA PASKA BENCANA ERUPSI MERAPI (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, dan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta dalam Memulihkan Citra Pariwisata Jogja). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03005.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03005.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bencana Erupsi Merapi 2010 merupakan salah satu bencana alam yang cukup besar dan membawa dampak bagi banyak sektor di Jogja. Salah satu dampak yang dirasakan yaitu di sektor pariwisata. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah wisatawan. Pemberitaan media massa yang cenderung berlebih merupakan salah satu penyebab turunnya citra pariwisata dan membuat masyarakat takut untuk berkunjung ke Jogja. media massa merupakan salah satu sumber informasi masyarakat untuk mengetahui kondisi Jogja paska erupsi. Dalam menghaapdai situasi yang demikian, Dinas pariwisata dan Badan Promosi pariwisata melakukan upaya pemulihan citra pariwisata untuk meningkatkan kembali kunjungan wisata. Penelitian ini ingin mengetahui strategi komunikasi yang dirumuskan dalam upaya pemulihan citra pariwisata dan juga implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Pemaparan hasil berdasarkan wawancara dan dokumen yang didapat di lapangan tentang strategi komunikasi. Berdasarkan hasil data dan analisis yang diperoleh bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, dan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta menggunakan strategi komunikasi yang sederhana. Karena bencana alam yang mendadak dan terjadi pada akhir tahun, maka strategi komunikasi dalam upaya pemulihan citra pariwisata Jogja diimplementasikan dalam program-program yang sudah diagendakan sebelumnya. Dalam implementasi strategi komunikasi pemulihan citra pariwisata Jogja, baik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, dan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta tidak ada evaluasi, sehingga hasil yang dicapai tidak dapat diukur untuk melihat tingkat keberhasilannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Citra Pariwisata, Pemulihan Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:01
Last Modified: 01 May 2013 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item