PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN KETERLIBATAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK MELALUI KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN MEREK PADA E-COMMERCE SOCIOLLA

Pramusinta, Antonia Dewanti Adiningtyas (2021) PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN KETERLIBATAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK MELALUI KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN MEREK PADA E-COMMERCE SOCIOLLA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Antonia Dewanti Adiningtyas Pramusinta)
195003007 tdk pubs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Experience dan Keterlibatan Merek terhadap Loyalitas Merek dengan Kepercayaan Merek dan Komitmen Merek sebagai variabel pemediasi pada objek beauty e-commerce Sociolla. Pada penelitian ini disebarkan kuesioner secara online untuk jumlah sampel 331 responden dengan kriteria wanita yang pernah melakukan pembelian melalui aplikasi beauty e-commerce SOCO by Sociolla minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir. Penelitian ini bersifat tidak acak yaitu purposive sampling. Pembagian kuesioner dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Forms. Lalu, link kuesioner disebarkan secara online melalui berbagai media sosial seperti Whatsapp, Line, Instagram, LinkedIn dan Twitter. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan software Partial Least Square (PLS). Pada hasil pertama penelitian ini diketahui bahwa Brand Experience dan Keterlibatan Merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Kepercayaan Merek. Hasil kedua penelitian ini diketahui bahwa Kepercayaan Merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Komitmen Merek. Hasil ketiga penelitian ini diketahui bahwa Komitmen Merek berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Loyalitas Merek. Hasil keempat penelitian ini diketahui bahwa Kepercayaan Merek memediasi pengaruh Brand Experience dan Keterlibatan Merek terhadap Komitmen Merek menunjukkan pengaruh yang signifikan. Hasil kelima penelitian ini diketahui bahwa Komitmen Merek memediasi pengaruh Keterlibatan Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek menunjukkan pengaruh yang signifikan, namun Komitmen Merek tidak memediasi pengaruh Brand Experience terhadap Loyalitas Merek yang menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Brand Experience, Keterlibatan Merek, Loyalitas Merek, Kepercayaan Merek, dan Komitmen Merek
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Mar 2021 15:55
Last Modified: 12 Mar 2021 15:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23504

Actions (login required)

View Item View Item