PENGARUH TERPAAN PESAN WEBSITE KOMSOS KEVIKEPAN DIY TERHADAP SIKAP ORANG MUDA KATOLIK SE-KEVIKEPAN DIY TERKAIT ISU INTOLERANSI AGAMA (Studi Kuantitatif pada Rubrik Warta-Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan di Website www.kevikepandiy.org)

Febriani, Brigita Dina (2021) PENGARUH TERPAAN PESAN WEBSITE KOMSOS KEVIKEPAN DIY TERHADAP SIKAP ORANG MUDA KATOLIK SE-KEVIKEPAN DIY TERKAIT ISU INTOLERANSI AGAMA (Studi Kuantitatif pada Rubrik Warta-Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan di Website www.kevikepandiy.org). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Brigita Dina Febriani)
1409052131.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text
1409052132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1409052133.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan pesan website KOMSOS Kevikepan DIY terhadap sikap orang muda Katolik se-Kevikepan DIY terkait isu intoleransi agama. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu komunikasi, khususnya komunikasi massa dan media bam dan dapat menjadi rekomendasi bagi website KOMSOS Kevikepan DIY untuk memperkaya bahan website yang berkaitan dengan isu-isu yang sedang tren di masyarakat atau di media sosial yang memiliki pengaruh yang luas bagi kehidupan masyarakat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penulis menggunakan kuesioner yang terdiri dari 26 butir pernyataan. Peneliti menyebarkan kuesioner ke 100 responden, yaitu orang muda Katolik se-Kevikepan DIY berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana untuk menguji besar pengaruh variabel bebas dan terikat. Pengukuran terpaan pesan menggunakan tiga indikator, yaitu penggunaan jenis media, frekuensi penggunaan media, dan durasi penggunaan media. Pengukuran sikap menggunakan tiga indikator, yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Hasil analisis koefisien korelasi antara terpaan pesan website KOMSOS Kevikepan DIY (X) terhadap sikap orang muda Katolik se-Kevikepan DIY terkait isu intoleransi agama (Y) sebesar R:::O,778 yang berarti berarti pengaruh terpaan pesan website KOMSOS Kevikepan DIY berpengaruh kuat terhadap sikap orang muda Katolik se-Kevikepan DIY terkait isu intoleransi agama. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, diperoleh hasil R Square sebesar 0,605 yang berarti besar kontribusi terpaan pesan website KOMSOS Kevikepan DIY mempengaruhi sikap orang muda Katolik se-Kevikepan DIY terkait isu intoleransi agama sebesar 60,5%. Sedangkan sisanya yaitu 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Pesan Website, Media Digital, Sikap
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Mar 2021 12:58
Last Modified: 18 Mar 2021 13:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item