ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN STUDI KASUS PADA BILIK KAYU HERITAGE RESTO

Giwangkara, Stanislaus Kostka Herjuna Mahendra (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN STUDI KASUS PADA BILIK KAYU HERITAGE RESTO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
EA 021457.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA 121457.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA 221457.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA 321457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
EA 421457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA 521457.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan akan memiliki pengaruh dalam penghitungan laba kotor yang akan diterima. Selain biaya promosi, tingkat penjualan merupakan faktor dependen dalam penghitungan laba kotor. Dalam teori dasar ekonomi, biaya promosi harus memiliki tingkat efektivitas yang positif terhadap penjualan agar nantinya perusahaan dapat bersaing dengan yang lainnya. Restoran adalah salah satu dari sekian banyak usaha yang diminati di Yogyakarta. Bilik Kayu Heritage Resto, perusahaan yang berdiri di bidang kuliner yaitu restoran ini, selama 3 tahun berdiri belum pernah melakukan analisis untuk mengetahui efektivitas biaya promosi yang dikeluarkan terhadap penjualan yang didapatkan. Hal ini yang membuat penulis tertarik untuk mencari tahu apakah biaya promosi sudah efektif terhadap tingkat penjualan yang terjadi di perusahaan selama 3 tahun ini. Dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, penulis berupaya untuk mengumpulkan data sebaik mungkin. Data kuantitatif yang berupa biaya promosi (X) dan tingkat penjualan (Y) dari tahun 2016 sampai 2018 tersebut akan diuji dengan menggunakan metode regresi linear sederhana dengan bantuan program aplikasi komputer yaitu SPSS. Sebelum menguji regresinya, penulis terlebih dahulu memiliki hipotesis yaitu berupa H0: Tidak ada pengaruh signifikan antara biaya promosi (X) dengan tingkat penjualan (Y) dan Ha: Ada pengaruh signifikan antara biaya promosi (X) dengan tingkat penjualan (Y).Dari hasil pengujian data, diperoleh bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan antara biaya promosi (X) dengan tingkat penjualan (Y), dan diperoleh juga hasil regresinya yaitu Y = -5.659.400,296 + 5,742X. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa Rp -5.659.400,296 adalah tingkat penjualan yang terjadi jika biaya promosi bernilai 0 (nol), dan Rp 5,742 adalah kenaikan tingkat penjualan setiap 1 (satu) rupiah biaya promosi yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Biaya promosi, tingkat penjualan, regresi linear sederhana.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Apr 2021 08:53
Last Modified: 20 Apr 2021 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item