EVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP SISTEM PENJUALAN KREDIT (Studi Kasus Pada CV.SINAR SURYA Yogyakarta)

DWIANTORO, DENI HANANG (2019) EVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP SISTEM PENJUALAN KREDIT (Studi Kasus Pada CV.SINAR SURYA Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
EA 020650.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA 120650.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA 220650.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA 320650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV)
EA 420650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA 520650.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Perusahaan dibangun bertujuan untuk memperoleh profit secara maksimal. Diperlukan suatu strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Penjualan sebagai aktivitas utama perusahaan harus dikelola dengan pengendalian internal yang efektif dan efisien. Dengan adanya pengawasan terhadap pengendalian internal yang baik, maka perusahaan dapat menghindari risiko yang tidak diinginkan seperti kecurangan dan penyimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan pengendalian internal terhadap sistem penjualan kredit yang diterapkan CV SINAR SURYA telah efektif atau belum, tentunya dengan kriteria memadahi dan dipatuhi. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer diperoleh melalui kegiatan wawancara, inspeksi, dan observasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan attribute sampling model fixed sample size.Dalam pengujian kepatuhan menggunakan reliability level sebesar 95%, rate of occurrence sebesar 1%, desired upper precision limit (DUPL) sebesar 5%.Jumlah sampel yang diperiksa sejumlah 100 faktur penjualan kredit.Hasil pemeriksaan terhadap sampel,ditemukan kesalahan sejumlah 83 faktur penjualan yang tidak memiliki dokumen sales order yang diberi otorisasi.Dengan demikian besarnya achieved upper precision limit (AUPL) yang diperoleh sebesar 57%, maka besarnya AUPL lebih besar disbanding DUPL, atau disimpulkan bahwa pengendalian internal penjualan kredit di CV Sinar Surya tidak efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian internal, Penjualan kredit, fixed sample size.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 May 2021 13:52
Last Modified: 06 May 2021 13:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item