PENGARUH LINGKUNGAN FISIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Rumah Makan The House of Raminten Kota Baru dan The Waroeng of Raminten Jalan Kaliurang)

Toar, Stanley Susetyohadi (2021) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Rumah Makan The House of Raminten Kota Baru dan The Waroeng of Raminten Jalan Kaliurang). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Stanley Susetyohadi Toar)
14 03 217371.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
14 03 217372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
14 03 217373.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
14 03 217374.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)

Abstract

Loyalitas pelanggan yang tinggi menjadi harapan setiap perusahaan. Untuk itu, perusahaan harus melakukan berbagai macam usaha dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Cara yang paling utama untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan membuat konsumen puas atas konsumsi produk atau jasa layanan. Bagi industri jasa (restoran), kualitas layanan merupakan salah satu prediktor utama untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu perbaikan kualitas layanan yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan lingkungan fisik yang baik. Metode sampling penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 200 orang konsumen restoran The House of Raminten dan The Waroeng of Raminten. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan mentode pengukuran data menggunakan skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling dan analsis Independen Sample t-Test. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa: 1) Lingkungan fisik yang terdiri dari Dekorasi dan artefak, Layout spatial, dan suasana secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan kualitas layanan. 2) Kualitas layanan secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan konsumen. 3) Kepuasan konsumen secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. 4) Konsumen The Waroeng of Raminten memiliki penilaian yang lebih baik pada variabel suasana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan fisik, kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 20 Jul 2021 14:36
Last Modified: 20 Jul 2021 14:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24350

Actions (login required)

View Item View Item