ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN PLATFORM KITABISA DENGAN PENDEKATAN ECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI YOGYAKARTA

Ulfa, Marindah (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MENGGUNAKAN PLATFORM KITABISA DENGAN PENDEKATAN ECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Marindah Ulfa)
1617090321.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1617090322.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
1617090323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
1617090324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

Teknologi berkembang semakin cepat sehingga dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat. Salah satu perkembangan yang dirasa yaitu adanya penyaluran donasi secara online. Ada banyak platform, sehingga terjadi persaingan antar satu platform dengan platform yang lain. Demikian setiap platform harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar sehingga dapat meningkatkan daya saing. Salah satu platform donasi online yaitu kitabisa. Dengan begitu bagaimana platform kitabisa dapat bertahan di tengah banyaknya platform donasi online yang ada. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna di Yogyakarta dalam penggunaan platform kitabisa. Dilakukan pengujian variabel dari model TAM yang digunakan untuk melihat faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi pengguna dalam menggunakan platform kitabisa dengan menggunakan pendekatan teknik analisis PLS-SEM. Data yang dikumpulkan dari pengguna yang berdomisili di Yogyakarta dan pernah menggunakan platform kitabisa sebagai sarana penyaluran donasi, melalui pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner yang mendapat sejumlah 111 buah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna dalam menggunakan platform kitabisa adalah faktor perceived ease of use yang mempengaruhi kegunaan yang dirasakan pengguna, faktor attitude towards using dan variabel moderasi trust yang mempengaruhi niat penggunaan. Kemudian faktor perceived usefulness dan perceived ease of use mempengaruhi sikap penggunaan pengguna di Yogyakarta dalam menggunakan platform kitabisa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kitabisa; Model TAM; PLS-SEM;
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 23 Jul 2021 19:58
Last Modified: 23 Jul 2021 22:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24384

Actions (login required)

View Item View Item