PENERAPAN MODEL UTAUT (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY) UNTUK MEMAHAMI NIAT DAN PERILAKU AKTUAL PENGGUNA GOPAY PADA LANSIA DI KOTA YOGYAKARTA

Reza, Alda Windy (2021) PENERAPAN MODEL UTAUT (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY) UNTUK MEMAHAMI NIAT DAN PERILAKU AKTUAL PENGGUNA GOPAY PADA LANSIA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Alda Windy Reza)
161708957_bab1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
161708957_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
161708957_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
161708957_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
161708957_bab5.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat Indonesia dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan dengan adanya kehadiran sebuah teknologi. Termasuk pada negara berkembang, Indonesia mengalami sebuah lompatan yang begitu meningkat tentang penggunaan teknologi, adanya banyak orang yang menggunakan teknologi bahkan memiliki akses internet dapat mempengaruhi budaya bagi masyarakat Indonesia yang sebelumnya kurang memahami teknologi sekarang banyak yang dapat menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi memunculkan sebuah ide karya sebuah anak bangsa dengan meluncurkan sebuah inovasi berupa ojek online seperti salah satunya PT. Aplikasi Karya Anak bangsa (GO-JEK). Adanya kemunculan teknologi baru ada beberapa pengguna orang tua atau lansia sulit dan kurang nya memahami penggunaan GOPAY, dari permasalahan tersebut maka dilakukannya suatu penelitian yang akan menguji faktor apa saja yang mempengaruhi niat penggunaan dan perilaku pengguna oleh lansia di Kota Yogyakarta. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan teknik analisis PLS-SEM. Kemudian data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 100 responden lansia yang berada di Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Performance Expectancy berpengaruh terhadap Behavioral Intention, Social Influence berpengaruh terhadap Behavioral Intention, Facilitating Condition berpengaruh terhadap Behavioral Intention, Behavioral Intention berpengaruh positif terhadap Use Behaviour sedangkan untuk Effort Expectancy tidak berpengaruh terhadap Behavioral Intention lansia dalam menggunakan GOPAY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GOPAY, Lansia, Model UTAUT, PLS-SEM
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Aug 2021 09:45
Last Modified: 24 Aug 2021 09:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24552

Actions (login required)

View Item View Item