INTERNALISASI NILAI ISLAMI DI PERCETAKAN DAN PENERBITAN MENARA KUDUS

Fatoni, Andito Perwira (2020) INTERNALISASI NILAI ISLAMI DI PERCETAKAN DAN PENERBITAN MENARA KUDUS. INTERNALISASI NILAI ISLAMI DI PERCETAKAN DAN PENERBITAN MENARA KUDUS (12p.). pp. 1-12.

[img]
Preview
Text (JURNAL KOMUNIKASI)
JURNAL-.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Setiap perusahaan mempunyai nilai organisasi yang harus dipelihara dan menjadi bagian dari budaya organisasi yang berfungsi sebagai identitas organisasi atau perusahaan. Nilai organisasi agar menjadi karakteristik perusahaan harus selalu dijaga keberlangsunganya dan dilestarikan oleh semua karyawan, sehingga organisasi memerlukan proses internalisasi nilai organisasi kepada karyawan. Tujuanya selain menyamakan visi dan misi, meningkatkan kinerja, memelihara budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai Islami di percetakan dan penerbitan Menara Kudus. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi organisasi dan budaya organisasi, secara khusus teori internalisasi nilai organisasi dengan asumsi dasar setiap perusahaan melakukan internalisasi nilai untuk menjaga budaya organisasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di perusahaan percetakan dan penerbitan Menara Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada 7 orang dari pihak manajemen dan karyawan, observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan proses internalisasi nilai Islami di percetakan dan penerbitan Menara Kudus sudah dilakukan pada saat rekrutmen karyawan dan pada saat bekerja, termasuk dalam hal penerapan sanksi, penghargaan dan gangguan pekerjaan yang mengakibatkan karyawan dikeluarkan. Internalisasi nilai organisasi dilakukan melalui kegiatan rutin yaitu pelatihan atau pendidikan dan acara khusus. Pelatihan atau pendidikan karyawan dilakukan pada karyawan yang dikehendaki dan terkait dengan kemampuan teknis. Acara khusus meliputi pengajian rutin Minggu Kliwonan (Slapanan), pembagian THR, buka bersama Ramadhan, Isro’ Mi’roj dan Halal bi Halal. Internalisasi nilai organisasi perusahaan Menara Kudus kepada karyawan dilakukan secara konsisten dan dalamwaktu yang lama sehingga memberikan manfaat kepada perusahaan. Internalisasi tersebut bertujuan untuk membentuk persepsi, sikap dan perilaku karyawan yang mendukung pengembangan perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Internalisasi Nilai, Nilai Islami.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2021 11:42
Last Modified: 10 Sep 2021 11:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24692

Actions (login required)

View Item View Item