Hutasoit, Joel Apoi Vincentius Hasiholan (2021) Pembangunan Aplikasi Pembantu Unit Regional Operation Center (ROC) PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Joel Apoi Vincentius Hasiholan Hutasoit)
170709258_bab0.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
170709258_bab1.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text
170709258_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text
170709258_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text
170709258_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
170709258_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170709258_bab6.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY adalah perusahan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menyediakan jasa dibidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Dalam menyediakan layanan jasa dibidang internet dan telepon, perusahaan tidak luput dari gangguan yang dapat terjadi akibat bencana alam ataupun kesalahan manusia. Oleh karena itu perusahaan memerlukan sistem pendukung yang membantu perusahaan dalam menyelesaikan perbaikan masalah gangguan mulai dari memonitoring data gangguan dari tiap-tiap wilayah, memanajemen laporan gangguan yang dikerjakan oleh petugas, membantu petugas dalam mencari alamat pelanggan, membantu perusahaan dalam melakukan presensi petugas dan membantu petugas dalam mengecek data Optical Distribution Point (ODP). Pada saat ini untuk melakukan proses-proses tersebut, PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY masih melakukan secara manual sehingga pihak perusahaan merasa masih kurang maksimal. Penelitian ini memberikan solusi berupa beberapa sistem yang dibuat berbasis website dan ada juga dengan menggunakan bantuan telegram. Website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan denggunakan framework Codeigniter sebagai backend dan framework Codeigniter dan React.JS sebagai frontend serta menggunakan MySQL untuk keperluan basis data. Pada penelitian ini, sistem memberikan akses kepada user telah terdaftar pada sistem dan ada juga yang dapat diakses oleh siapa saja melalui telegram. Hasil dari penerapan sistem yaitu perusahaan dapat terbantu dalam menyelesaikan masalah gangguan yang terdapat pada wilayah-wilayah PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY. Penelitian ini memberikan beberapa hasil berupa perangkat lunak dalam bentuk web dan juga bot telegram. Dari hasil riset yang dilakukan oleh penulis terhadap pegawai yang ada di PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY dibagian Regional Operation Center (ROC), penulis mendapatkan hasil sebanyak 33,3% sangat setuju dan 66,7% setuju bahwa perangkat lunak yang dibangun oleh penulis dapat digunakan untuk membantu beberapa penyelesaian masalah yang ada pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY dibagian Regional Operation Center (ROC). Dari hasil riset sebanyak 33,3% sangat setuju, 33,3% setuju, dan 33,3% cukup dapat membuktikan bahwa data yang disampaikan sudah sesuai dengan kebutuhan pegawai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV Jateng & DIY, Codeigniter, React.JS, MySQL, PHP |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 11:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 11:27 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24749 |
Actions (login required)
View Item |