Redknapp, Wynne (2021) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA BENGKEL CAHAYA MOTOR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Wynne Redknapp)
170609214_bab 0.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
170609214_bab 1.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
170609214_bab 2.pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
170609214_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
170609214_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text
170609214_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text
170609214_bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
|
Text
170609214_bab 7.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Bengkel Cahaya Motor merupakan salah satu UMKM yang menawarkan perawatan dan perbaikan kendaraan serta penjualan spare part kendaraaan sepeda motor. Adapun masalah yang dihadapi oleh bengkel ini adalah waktu tunggu konsumen ketika pengelola bengkel mengecek ketersediaan produk dan membuat nota. Hal ini disebabkan karena bengkel yang menerapkan sistem manual sehingga pengelola perlu untuk mengecek stok produk secara langsung dan memastikan ketepatan perhitungan nota berulang kali. Selain itu, ketika pemilik tidak berada di bengkel, penggantinya kesulitan menentukan harga produk untuk konsumen karena tidak terdapat daftar harga produk.Dalam penelitian ini, sebuah sistem informasi dirancang untuk mengurangi waktu tunggu konsumen. Sistem informasi tersebut memiliki beberapa fitur, seperti daftar harga dan stok produk, serta pembuatan nota siap cetak. Dalam proses pengembangan sistem informasi, penulis menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan bahasa pemrograman Python dan database MySQL yang dapat memperbaharui data secara realtime.Adanya penerapan aplikasi sistem informasi berbasis mobile pada bengkel Cahaya Motor mampu mengurangi waktu tunggu konsumen ketika pembuatan nota dan pengecekan ketersediaan produk. Hal ini tentu akan meningkatkan kepuasan konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh pihak bengkel
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Waktu tunggu, Sistem Informasi, SDLC, Python, Mobile Apps. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 22:47 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 22:47 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24893 |
Actions (login required)
View Item |