PENGARUH JOB CRAFTING TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (KASUS PADA KARYAWAN INDUSTRI KERAJINAN KULIT)

Maranata, Bonaventura Hendrawan (2020) PENGARUH JOB CRAFTING TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (KASUS PADA KARYAWAN INDUSTRI KERAJINAN KULIT). S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Bonaventura Hendrawan Maranata)
18 500 2834_0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 500 2834_1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 500 2834_2.pdf

Download (875kB) | Preview
[img] Text
18 500 2834_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
18 500 2834_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
18 500 2834_5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Job Crafting terhadap kesejahteraan subjektif dengan keterikatan kerja sebagai variabel pemediasi. Job Crafting dapat diukur dari 3 dimensi yakni peningkatan sdm secara struktural, peningkatan relasi sosial, dan tuntutan pekerjaan yang menantang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa sejauh mana Job Crafting pada karyawan dapat mempengaruhi kesejahteraan subjektif dan keterikaran kerja di industri kerajinan kulit. Teknik pengambilan sampel menggunakan perpaduan antara metode accidental sampling dan metode purposive sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 190 responden, dimana responden adalah karyawan yang mempunyai keahlian dalam desain pada industri kerajinan kulit Alat analisis data yang digunakan adalah Smartpls untuk analisis SEM Hasil pertama menunjukkan bahwa peningkatan sdm secara struktural sebagai dimensi pertama Job crafting memiliki pengaruh signifikan terhadap keterikatan kerja. Hasil kedua menunjukkan bahwa peningkatan relasi sosial sebagai dimensi kedua Job Crafting memiliki efek signifikan pada keterikatan kerja. Hasil ketiga menunjukkan bahwa tuntutan pekerjaan yang menantang sebagai dimensi ketiga Job Crafting memiliki pengaruh signifikan terhadap keterikatan kerja. Akhirnya, hasil keempat mengungkapkan bahwa keterikatan kerja memediasi pengaruh Job Crafting pada kesejahteraan subjektif untuk setiap dimensi Job Crafting. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan bahwa keterikatan kerja adalah variabel mediasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Job Crafting, Kesejahteraan Subjektif, Keterikatan Kerja.
Subjects: Magister Manajemen > Sumber Daya Manusia
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Nov 2021 09:29
Last Modified: 01 Nov 2021 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25127

Actions (login required)

View Item View Item