ANALISIS KONSTRUKSI PROFIL DI WEBSITE KENCAN ONLINE SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN DAYA TARIK INTERPERSONAL (Studi Pada Website Ayonikah.com Periode 1 Juni 2020- 1 Juli 2020)

Pano, Maria Kintan Larasati (2021) ANALISIS KONSTRUKSI PROFIL DI WEBSITE KENCAN ONLINE SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN DAYA TARIK INTERPERSONAL (Studi Pada Website Ayonikah.com Periode 1 Juni 2020- 1 Juli 2020). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARIA KINTAN LARASATI PANO)
16 09 06148 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 06148 2.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 06148 3.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
16 09 06148 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
16 09 06148 5.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi komunikasi yang terjadi menyebabkan adanya perubahan perilaku dalam menjalin relasi. Saat ini orang lebih tertarik untuk berkenalan hingga mencari jodoh secara online. Hal tersebut terbukti dari data yang mengatakan bahwa sekitar 40% dari jumlah pengguna internet aktif memulai hubungan mereka secara online (Ayu, 2019). Komunikasi yang terjalin secara online, membuat para penggunanya dapat membentuk diri mereka sesuai yang mereka inginkan untuk mendapatkan daya tarik dari pengguna lain mereka (Ellison, Heino dan Gibbs, 2006).Penelitian dengan judul “Analisis Konstruksi Profil di Website Kencan Online Sebagai Upaya Membangun Daya Tarik Interpersonal” memiliki rumusan masalah bagaimana pengguna website kencan online ayonikah.com mengkonstruksi profil sebagai upaya membangun daya tarik interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontruksi profil yang dibangun oleh pengguna ayonikah.com sebagai upaya dalam membangun daya tarik interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah hasil dokumentasi dari konstruksi isi profil pengguna aktif dalam website ayonikah.com, Data akan dianalisis dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu melalui empat tahap (pengumpulan data, reduksi data, display, dan verifikasi data). Landasan teori yang digunakan adalah teori komunikasi interpersonal, tahapan awal dalam relasi interpersonal, dan profil. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengguna website kencan online ayonikah.com mendeksripsikan diri mereka secara unik dan beragam melalui profilnya masing - masing. pengguna wanita lebih berfokus pada penampilan fisik mereka yang diwujudkan melalui foto - foto diri mereka dengan berbagai angle dan pose yang diunggah pada album foto di profil mereka. Sedangkan bagi pengguna pria, konstruksi profil yang dilakukan berfokus pada status sosial yang mereka miliki. Hal tersebut terlihat dari informasi yang mereka cantumkan secara rinci mengenai pendidikan, pekerjaan serta penghasilan yang mereka miliki. Selain itu, faktor similiarity dianggap penting oleh para pengguna dalam menentukan calon pasangan yang diinginkan. Para pengguna website kencan online ayonikah.com akan lebih tertarik dengan calon pasangan yang memiliki kesamaan seperti kesamaan agama, suku, dan status.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: relasi romantic, kencan online, konstruksi profil.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 02 Nov 2021 11:35
Last Modified: 02 Nov 2021 11:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25186

Actions (login required)

View Item View Item