Dewanti, Arunarwi Putri (2021) PENGARUH KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEGAWAI SEBATAS CAFÉ TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (ARUNARWI PUTRI DEWANTI)
14 090 5220 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
14 090 5220 2.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
14 090 5220 3.pdf Download (736kB) | Preview |
|
Text
14 090 5220 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
14 090 5220 5.pdf Download (990kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kualitas komunikasi interpersonal pegawai terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Sebatas Café. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas komunikasi interpersonal pegawai Sebatas Café terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Sebatas Café merupakan sebuah kedai kopi di Wonosobo yang berfokus pada pendekatan komunikasi interpersonal dalam berinteraksi dengan pelanggannya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei dalam pengumpulan datanya. Peneliti membagikan kuesioner yang terdiri dari 23 butir pernyataan yang diukur menggunakan skala Likert. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Sebatas Café yang ditentukan secara acak, dengan jumlah total 100 responden. Penelitian ini menggunakan teori Pertukaran Sosial oleh Thibaut dan Kelley, dan pengukuran kualitas komunikasi interpersonal dalam penelitian ini mengacu pada teori kualitas komunikasi interpersonal oleh Devito. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi untuk melihat hubungan antar variabel, serta analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dan variabel terikat. Hasil nilai r hitung pada analisis korelasi untuk variabel kualitas komunikasi interpersonal dan kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,761, di mana nilai tersebut lebih besar dari r tabel (0,195). Hal ini menunjukkan adanya hubungan atau korelasi antara kualitas komunikasi interpersonal dengan tingkat kepuasan pelanggan. Pada hasil analisis regresi, diketahui nilai R sebesar 0,761 yang mengandung arti bahwa kualitas komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Selanjutnya nilai R square diketahui sebesar 0,578. Hal ini berarti kualitas komunikasi interpersonal pegawai Sebatas Café memiliki pengaruh sebesar 57,8% terhadap tingkat kepuasan pelanggannya, sedangkan 42,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Pelanggan, Sebatas Café. |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 10:32 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 10:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25337 |
Actions (login required)
View Item |