UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGATASI KENDALA KINERJA PADA UNIT THEATER DAN PENTAS DI PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN DAN RATU BOKO

SIMORANGKIR, CINDY THERESIA (2021) UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGATASI KENDALA KINERJA PADA UNIT THEATER DAN PENTAS DI PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN DAN RATU BOKO. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CINDY THERESIA SIMORANGKIR)
15 100 5836 0.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 100 5836 1.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
15 100 5836 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
15 100 5836 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
15 100 5836 4.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang dikenal dengan obyek pariwisatanya yang tidak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Sebagai kota pelajar, Yogyakarta tidak kalah dalam mengelola kemajuan wisatanya. Mulai dari wisata alam yang memang terbentuk secara alami dan juga wisata yang sengaja dibagun untuk menarik minat para pengunjung. Salah satu obyek wisata yang paling dikenal ditengah kota Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Dengan sejarahnya yang menarik, tempatnya yang strategis dan mudah dijangkau, membuat Candi Prambanan ini sangat diminati oleh pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Hampir setiap hari obyek wisata tersebut selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara. Terlebih Candi Prambanan memiliki daya tarik tersendiri dengan pementasan seni tarinya yang biasa disebut dengan Sendratari Ramayana. Sendratari tersebut diselenggarakan di Unit Theater dan Pentas Ramayana Ballet Prambanan tepatnya di bagain barat Candi Prambanan. Unit Theater tersebut sampai saat ini dikelola langsung oleh pihak PT. Taman Wisata Candi sendiri. Dibalik sebuah perusahaan pariwisata yang sukses ada pelaku kerja atau sumber daya manusianya. Dalam penelitian ini peneliti menemukan point penting yang diterapkan Unit Theater dan Pentas untuk mempertahankan kinerja para pekerjanya dalam perusahaan tersebut yaitu dengan cara memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengemukakan pendapat, memberikan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi, diskusi atau evaluasi terhadap masing-masing divisi, merekrut karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, serta pelatihan secara berkala. Dengan demikian akan meningkatkan kualitas kinerja di Unit Theater dan Pentas. Maka peran Sumber Daya Manusia atau pelaku kerja sangat menunjang keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu dibutuhkan skill dan keterampilan yang khusus pada masing-masing bidang yang dijalani.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kendala, Upaya
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 19 Nov 2021 11:31
Last Modified: 19 Nov 2021 11:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25375

Actions (login required)

View Item View Item