BIAS GENDER DALAM PEKERJAAN DI BIDANG PERHOTELAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Bias Gender Pada Proses Rekrutmen Pekerja di Hotel Grand Keisha Yogyakarta)

Widayati, Palupi (2020) BIAS GENDER DALAM PEKERJAAN DI BIDANG PERHOTELAN (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Bias Gender Pada Proses Rekrutmen Pekerja di Hotel Grand Keisha Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Palupi Widayati)
160905937_bab 0.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905937_bab 1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905937_bab 2.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
160905937_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img]
Preview
Text
160905937_bab 4.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji bias gender dalam pekerjaan di bidang perhotelan yang dapat dilihat dari proses rekrutmen pekerja di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Bias gender dirasa masih bersifat abu-abu dan tampak sulit untuk dihapuskan dari kehidupan bersosialisasi, terutama dalam lingkungan pekerjaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat keberadaan bias gender dalam pekerjaan, dengan melakukan observasi dan wawancara pada pekerja-pekerja di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Proses observasi juga dilakukan pada proses rekrutmen pekerja yang dibuka oleh pihak hotel, untuk melihat keberadaan bias gender berada di awal atau di tengah proses seseorang bekerja. Wawancara dilakukan pada enam narasumber, yang dibagi atas tiga departemen yang dipilih yaitu departemen housekeeping, food and beverages service, dan human resource development yang terdiri dari seorang manajer laki-laki dan seorang staff perempuan. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori budaya gender, bias gender dan rekrutmen dalam pekerjaan. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa bias gender masih ada dalam kehidupan bersosialisasi khususnya dalam pekerjaan di bidang perhotelan. Bias gender tidak berdiri sendiri tetapi juga dipengaruhi oleh kontruksi masyarakat, pembentukan identitas diri individu dan pandangan-pandangan masyarakat yang ada. Bias gender berpengaruh pada pandangan tentang pekerjaan yang sesuai untuk laki-laki atau perempuan. Bias gender di bidang perhotelan juga menjadi salah satu bentuk pengkotak-kotakan peran gender dan hubungannya dengan pekerjaan. Bias gender di perhotelan dapat dilihat dari keadaan fisik, sifat, sikap dengan derajat bias gender yang paling tinggi ditunjukkan oleh pekerja dengan posisi staff dan supervisor sedangkan pada derajat yang lebih rendah ditunjukkan oleh pekerja dengan posisi manajer.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bias gender, Rekrutmen, Perhotelan.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2021 09:58
Last Modified: 22 Nov 2021 09:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25396

Actions (login required)

View Item View Item