Sibarani, Gloria Recni Yolanda (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PT. ASTRA GRAPHIA TBK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (GLORIA RECNI YOLANDA SIBARANI)
160906145 1.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
160906145 2.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
160906145 3.pdf Download (672kB) | Preview |
|
Text
160906145 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
160906145 5.pdf Download (733kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan usaha spesialisasi bidang grafika di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Hal ini menimbulkan terjadinya persaingan yang tajam baik antar pelaku usaha bisnis percetakan maupun penyedia median percetakan dan layanan perkantoran. PT. Astra Graphia Tbk adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang penyediaan mesin percetakan dan layanan solusi dokumen dengan merek Fuji Xerox. Astra Graphia memiliki dua segmen usaha yang saling melengkapi satu dengan lainnya, yaitu Solusi Dokumen dan Solusi Teknologi Informasi & Komunikasi. Di tengah persaingan yang ketat, Astra Graphia mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan yang konsisten menduduki posisi tiga besar penjualan nasional. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana perusahaan merancang strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan produknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi internal, media sosial, dan website. Wawancara dilakukan sebanyak dua kali untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim marketing communication Astra Graphia merancang strategi komunikasi pemasaran terpadu melalui delapan tahap. Tahap ini diawali dari mempelajari target pasar, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, menetapkan media, menentukan anggaran, menetapkan timeline, implementasi, dan evaluasi. Astra Graphia tidak memanfaatkan seluruh elemen bauran promosi, melainkan hanya mengutamakan media yang memiliki keterlibatan audiens yang tinggi. Data penelitian juga menunjukkan bahwa tim marketing communication Astra Graphia banyak menggunakan identitas perusahaan sebagai pesan utama komunikasi pemasaran. Astra Graphia mengemas pesan dengan konsep solution approach. Adapun strategi media yang dilakukan adalah lebih banyak menggunakan media Below The Line (BTL).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran Terpadu, Strategi Komunikasi Pemasaran, Astra Graphia |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 13:01 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 13:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25465 |
Actions (login required)
View Item |