Pramarito, Andreas Adventito (2010) PREFERENSI PENGGUNA KERETA API PRAMEKS JURUSAN YOGYAKARTA – SOLO DIBANDING BUS AKAP. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11632.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11632.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11632.pdf Download (60kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11632.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11632.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11632.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11632.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Yogyakarta dan Solo merupakan kota besar yang cukup berkembang sehingga arus perjalanan penumpang Yogyakarta – Solo dan sebaliknya saat ini juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya lapangan pekerjaan yang berkembang di Kota Yogyakarta maupun Solo. Hal ini juga didukung oleh banyaknya moda transportasi antar kota ini. Salah satu contohnya adalah kereta api komuter ( Prameks ) dan juga bus antar propinsi. Kereta api komuter ( Prameks ) dan bus antar propinsi merupakan sarana yang banyak dipilih oleh sebagian besar penumpang Dalam menentukan pemilihan moda, orang memperhatikan banyak faktor seperti : jenis kelmin, umur, penghasilan, tujuan perjalanan, profesi. Alasan yang orang pilih juga banyak pilihan, yaitu : ketepatan waktu, tarif, jadwal, kenyamanan dan keamanan, lokasi yang dituju. Untuk mengetahui besarnya faktor yang berpengaruh dianalisis menggunakan metode crosstabs methods. Data yang diperoleh 200 responden yang terdiri dari 100 responden kereta api Prameks dan 100 responden bus AKAP. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penumpang wanita lebih senang memilih kereta api Prameks (43%) dari pada bus AKAP (33%) ini disebabkan oleh alasan kenyamann dan keamanan menggunakan kereta api Prameks (32%). Alasan yang paling dominan penumpang bus AKAP adalah kedekatan dengan lokasi (44%) dan tarif (31%). Sebagian besar penumpang adalah karyawan swasta/wiraswasta (46% dan 40%) yang berpendapatan Rp. 1.000.000,00 – Rp. 2.000.000,00. Sebanyak 73% penumpang kereta api Prameks selalu menggunakan moda tersebut, sedangkan 70% penumpang bus AKAP selalu menggunakan moda tersebut. Penumpang kereta api Prameks dan bus AKAP menggunakan moda tersebut lebih dari satu kali dalam seminggu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kereta api Prameks, bus AKAP, pemilihan moda, korelasi, crosstabs methode |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Jun 2013 11:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2013 11:32 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2554 |
Actions (login required)
View Item |