Ginting, Lowina Mindasari Br. (2013) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KARO DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03381.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03381.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03381.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03381.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03381.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pemerintah Daerah kabupaten karo membutuhkan citra positif untuk dapat lebih diterima, diyakini dan dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Karo. Dengan citra yang positif akan mendatangkan investor untuk menanamkan modal di Kabupaten karo dan mendatangkan wisatawan sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Citra Pemkab karo belum positif dilihat dari banyaknya pemberitaan negatif mengenai Pemkab Karo dan Bupati Karo. Untuk membentuk citra positif humas Pemkab Karo melakukan strategi public relations. Penelitian ini membahas mengenai strategi public relations Pemerintah Daerah kabupaten Karo dalam membentuk citra positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi public relations yang digunakan humas Pemerintah Kabupaten Karo dalam membentuk citra positif. Penelitian ini menggunakan empat teori yaitu teori citra untuk mengetahui citra Pemkab karo, public relations, public relations dalam pemerintahan untuk mengetahui peran public relations di Pemkab Karo dan kaitannya dengan citra dan strategi public relations untuk mengetahui strategi public relations yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan penyajian data dilakukan dengan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan humas Pemkab Karo dan observasi. Analisis data dilakukan dengan tiga alur analisis yang diungkapkan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa strategi public relations yang digunakan humas pemkab karo dalam membentuk citra positif adalah media relations. Humas menyadari pentingnya peran media massa dalam membentuk citra Pemkab Karo. Tujuan humas Pemkab Karo memilih media relations sebagai strategi supaya pemberitaan negatif mengenai Pemkab Karo dan Bupati Karo di media massa berkurang bahkan tidak ada, yang ada adalah pemberitaan positif mengenai Pemkab Karo. Dalam menentukan strategi public relations, humas Pemkab Karo melakukan empat tahap perencanaan. Pertama, tahap riset strategi. Humas melakukan tiga hal yaitu analisis situasi, analisis organisasi dan analisis publik. Kedua, tahap strategi. Humas menentukan tujuan, sasaran, aksi dan komunikasi. Ketiga, tahap taktik. Keempat, tahap riset kesimpulan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Public relations, Strategi public relations |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 09:43 |
Last Modified: | 01 May 2013 09:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/256 |
Actions (login required)
View Item |