PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GUDANG BERBASIS MOBILE DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE DI UMKM DANISHOP KLATEN

PRAMUDITA, WIMALA TYAS (2021) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GUDANG BERBASIS MOBILE DENGAN METODE SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE DI UMKM DANISHOP KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WIMALA TYAS PRAMUDITA)
170609388 0.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609388 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609388 2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
170609388 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
170609388 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170609388 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
170609388 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM Danishop merupakan salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah yang memproduksi dan menjual berbagai jenis peralatan rumah tangga dan sandang seperti daster, sprei, dan baju fashion. Untuk penyimpanan produk, UMKM ini memiliki multi gudang sebanyak 3 gudang. Penelitian ini berfokus pada pemecahan masalah di area pergudangan. Masalah yang dihadapi oleh UMKM Danishop ini adalah adanya inefisiensi yang terjadi ketika admin gudang akan melakukan pengolahan data dikarenakan aplikasi berbasis desktop yang tersedia saat ini hanya terdapat pada Gudang 1, sehingga ketika hendak melakukan pengolahan data admin gudang hanya dapat mengolah data pada Gudang 1. Ketika customer hendak melakukan pemesanan biasanya customer menanyakan terlebih dahulu pada reseller tentang ketersediaan produk melalui pesan singkat. Lalu, reseller menghubungi admin gudang untuk konfirmasi jumlah produk yang siap untuk dijual ke customer. Oleh karena itu, customer tidak mendapatkan respons yang cepat dan harus menunggu konfirmasi stok produk. Jika reseller salah dalam penyampaian informasi stok produk, maka customer akan kecewa dan mengakibatkan UMKM Danishop dinilai buruk oleh customer karena kelalaian ini. Selain itu karena terlalu lama menunggu, customer pada akhirnya batal memesan. Permasalahan lainnya adalah barang yang disimpan di tiap gudang tidak sesuai ketentuannya dan tidak sesuai abjad. Hal ini dapat menghambat admin gudang dalam pengecekan stok produk. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sistem informasi yang sudah ada menjadi sistem informasi persediaan stok produk berbasis mobile. Pengembangan sistem ini dapat membantu dalam proses pencarian informasi, khususnya membantu reseller dalam pencarian data produk karena reseller mendapatkan akses, serta terdapat penambahan fitur seperti informasi keterangan lokasi produk dan nomor rak pada gudang. Dalam proses pengembangan sistem informasi, penulis menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Tahap analisis dilakukan dengan mengamati proses bisnis lalu diberikan usulan dari proses bisnis. Perancangan sistem informasi dilakukan dengan identifikasi aliran data dengan membuat diagram perancangan sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) serta perancangan database. Sistem informasi dikembangkan menggunakan framework Kivy dengan bahasa pemrograman Python dan database MySQL. Dari penelitian ini, dihasilkan sebuah aplikasi sistem informasi berbasis mobile yang mendukung fleksibilitas dan integrasi antar gudang. Aplikasi juga dapat membantu proses pencarian informasi yang dilakukan admin gudang maupun admin reseller, serta pemilik UMKM dapat memantau tagihan pembayaran, memantau persediaan stok yang habis dan memantau tiap produk yang masuk ke gudang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sistem Informasi Berbasis Mobile, SDLC, Kivy, Python
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:45
Last Modified: 02 Dec 2021 10:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item View Item