PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM DE MATA DE ARCA D’WALIK SAAT PANDEMI COVID-19

LARATSEMI, IGNATIUS KRESNA LUKI PRADANA (2021) PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM DE MATA DE ARCA D’WALIK SAAT PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IGNATIUS KRESNA LUKI PRADANA LARATSEMI)
14 09 05366 0.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05366 1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 09 05366 2.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
14 09 05366 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
14 09 05366 4.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Ekonomi merupakan salah satu sektor yang vital bagi sebuah negara. Namun adanya pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan ekonomi menurun dan menganggu beberapa aktivitas masyarakat yang berhubungan langsung dengan ekonomi. Salah satu sektor ekonomi yang terkena dampak adalah sektor pariwisata. Daerah Istimewa Yogyakarta yang pergerakkan ekonominya dari sektor pariwisata mengalami dampak karena pandemi Covid-19. Berbagai macam pelaku usaha di bidang pariwisata yang mengalami dampak, salah satunya adalah Museum. Salah satu Museum yang mengalami dampak adalah Museum De Mata. Dalam rangka membangkitkan ekonomi di DIY terutama sektor pariwisata, Museum De Mata melakukan aktifitas komunikasi pemasaran di saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaan Museum De Mata De Arca D’Walik saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti ingin mengetahui penerapan komunikasi pemasaran apa saja yang sudah dilakukan Museum De Mata saat pandemi Covid-19. Teori-teori yang digunakan untuk membantu penelitian adalah komunikasi pemasaran dengan menggunakan model komunikasi pemasaran yang berfokus pada aktifitas komunikasi pemasaran dan juga pesan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Marketing Musueum De Mata De Arca D’Walik. Data lain adalah foto-foto dan informasi tambahan yang didapatkan dari media sosial Museum De Mata De Arca D’Walik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi pemasaran Museum De Mata De Arca D’Walik saat pandemi Covid-19 tetap berjalan walaupun tidak bisa maksimal. Aktifitas komunikasi pemasaran menjadi peran penting dalam komunikasi pemasaran walaupun dalam kondisi yang terbatas karena adanya pandemi, namun tetap berjalan. Aktfitas komunikasi pemasaran digunakan untuk menjangkau pihak-pihak yang terikat dengan Museum De Mata dengan memberikan pesan-pesan yang sesuai dengan tujuan Museum De Mata. Pesanpesan yang disampaikan selain tujuannya adalah mengedukasi, juga untuk mengajak konsumen Museum De Mata untuk percaya dengan pernyataanpernyataan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, aktifitas komunikasi pemasaran, pesan , Museum De Mata
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Dec 2021 13:35
Last Modified: 02 Dec 2021 13:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item View Item