PENGARUH BECAK TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jalan Cik Ditiro, Depan Mirota Kampus UGM)

TADE, DIANA NATALIA (2010) PENGARUH BECAK TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus : Jalan Cik Ditiro, Depan Mirota Kampus UGM). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS11871.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS11871.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS11871.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS11871.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS11871.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (Bab V)
5TS11871.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS11871.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan Cik Ditiro, Depan Mirota UGM merupakan Daerah yang mempunyai aktifitas lalu lintas yang tinggi terutama pada jam-jam sibuk. Hal ini disebabkan adanya pusat perbelanjaan mirota dan juga adanya simpang bersinyal. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi lalu lintas yang terjadi akibat adanya aktifitas pusat perbelanjaan dengan menganalisis kinerja jalan dan hambatan samping berupa pejalan kaki (X1), kendaraan parkir (X2), kendaraan keluar masuk sisi jalan (X3) dan kendaraan lambat (X4) terhadap kecepatan kendaraan ringan dengan kendaraan tidak bermotor berupa becak. Penelitian ini dilakukan selama 5 hari dengan waktu pagi,siang,sore,malam dengan interval waktu 15 menit. Tapi dalam perhitungan digunakan hari dan jam puncak tertinggi yaitu hari Rabu, 21 Oktober 2009 dan Sabtu 24 Oktober 2009 pada jam 18.00-20.00.Penelitian perhitungan yang dilakukan yaitu kecepatan tempuh kendaraan ringan, volume lalu lintas dan hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan. Perbandingan nilai kecepatan hasil persamaan regresi dengan kecepatan lapangan mengalami perubahan rerata hari Rabu 25,51 Km/jam naik menjadi 26,51 km/jam dan Sabtu 21,45 Km/jam Menjadi 15,75 Km/jam. Hal ini menunjukan bahwa kecepatan lalu lintas untuk kendaraan ringan pada hari rabu lebih tinggi dari pada hari sabtu. Hal ini dapat dilihat dari kecilnya volume lalu lintas pada hari rabu sehingga menyebabkan kecepatan kendaraan ringan semakin meningkat, begitupun sebaliknya. Hasil pengolahan data dengan program SPSS 13.0 For Windows untuk analisi pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan ringan setelah menghilangkan variabel tidak signifikan diperoleh persamaan: Y =28,990-0,225. X3 untuk kondisi tanpa pejalan kaki, tanpa kendaraan parkir dan tanpa kendaraan lambat(becak). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kendaraan lambat yitu becak tidak mempengaruhi kinerja jalan. Dalam analisis MKJI 1997 diperoleh derajat kejenuhan sebesar 0,4187 < 0,75 dengan kecepatan yang rendah yaitu 15,75 km/jam. Hambatan samping yang mempengaruhi kinerja jalan adalah kendaraan keluar masuk sisi jalan. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya arus lancar tetapi kenyataan dilapangan kecepatan kendaraan ringan rendah, yaitu sebesar 15,75 km/jam. Hal ini menunjukan bahwa hambatan samping di jalan Cik Ditiro sangat mempengaruhi arus kendaraan yang lewat sehingga arus yang lewat hanya sedikit, yang menyebabkan nilai derajat kejenuhan kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan tidak bermotor, Kecepatan, kapasitas , Derajat Kejenuhan, Hambatan samping, Arus lalu lintas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2013 13:20
Last Modified: 26 Jun 2013 13:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item