PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN THE BODY SHOP INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19

PUTRI, BRIGITHA PARAMITHA MAHARESMI NUGRAHENI (2021) PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN THE BODY SHOP INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BRIGITHA PARAMITHA MAHARESMI NUGRAHENI PUTRI)
17 090 6202 0.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6202 1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 090 6202 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
17 090 6202 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
17 090 6202 4.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2020 sebagaimana diketahui bahwa masa pandemi hadir dengan adanya virus Covid-19 dan memberikan pengaruh terhadap performa laju bisnis industri yang mengakibatkan perusahaan-perusahaan melakukan penyesuaian strategi komunikasi pemasaran terhadap situasi. The Body Shop Indonesia yang merupakan salah satu brand kosmetik juga mengalami penurunan performa bisnis akibat pandemi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan The Body Shop Indonesia di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan pada kantor pusat The Body Shop Indonesia Bintaro dimana strategi komunikasi pemasaran yang direncanakan di sana, diimplementasikan di seluruh gerai The Body Shop yang ada di Indonesia. Perencanaan komunikasi pemasaran berbicara mengenai serangkaian tahap perencanaan hingga implementasi untuk tujuan jangka panjang perusahaan. Maka, penelitian ini menggunakan teori perencanaan komunikasi pemasaran dengan pendekatan SOSTAC milik Smith dan Zook (2011), yang terdiriri dari Stiuation Analysis, Objectives, Strategy, Tactic, Action, dan Control. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif sehingga hasil penelitian berupa deskripsi perencanaan komunikasi pemasaran The Body Shop Indonesia di masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informan kunci dan observasi pada media komunikasi yang dimiliki The Body Shop Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh The Body Shop Indonesia di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan urgensi isu, penentuan pesan dan media, implementasi, dan evaluasi. Penentuan urgensi isu dilakukan dengan mengangkat isu pandemi yang kemudian diturunkan pada penentuan pesan dalam aktivitas komunikasi pemasarannya. Media yang digunakan The Body Shop Indonesia di masa pandemi didominasi dengan platform digital yaitu media sosial Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok, dan juga Website. The Body Shop Indonesia mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran sesuai dengan yang sudah direncanakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Tahapan evaluasi dilakukan dengan pengukuran serta pemantauan keberhasilan, efektifitas, dan efisiensi dari strategi komunikasi pemasaran yang diimplementasikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Komunikasi Pemasaran, Pandemi Covid-19
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Dec 2021 14:33
Last Modified: 03 Dec 2021 14:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25731

Actions (login required)

View Item View Item