STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KERAMIK DI PT. GYAN KREATIF INDONESIA

HENDRADINI, LIDWINA KEZIA (2021) STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI KERAMIK DI PT. GYAN KREATIF INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LIDWINA KEZIA HENDRADINI)
170609472 0.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609472 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609472 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
170609472 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
170609472 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
170609472 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
170609472 6.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Industri keramik merupakan salah satu ekonomi kreatif yang berkembang pesat di Indonesia. Salah satu industri keramik yang berada di daerah Salatiga adalah PT. Gyan Kreatif Indonesia (GKI). PT. GKI merupakan perusahaan bergerak di industri keramik dengan produk andalannya adalah tableware handmade, seperti piring, gelas, mug, dan teko. Permasalahan yang dialami oleh perusahaan ini adalah sulitnya melakukan penjualan produk secara offline karena adanya pandemi COVID-19. Perlu adanya strategi pemasaran yang baik untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan selama pandemi COVID-19. Maka dari itu, perusahaan melihat peluang untuk melakukan ekspansi pasar dengan menggunakan media sosial dan marketplace untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan ekspansi pasar ini diharapkan mampu memperkenalkan produk tableware handmade sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam menggalakkan upaya meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap produk dalam negeri. Penelitian dilakukan dengan merancang strategi pemasaran menggunakan konsep marketing mix (product, price, promotion, place, physical evidence, people, dan process). Penyusunan strategi pemasaran diawali dengan melakukan riset pemasaran dengan menyebarkan kuesioner untuk melihat respon masyarakat. Metode Importance Performance Analysis digunakan peneliti untuk merekap hasil kuesioner dan memetakan faktor-faktor yang berpengaruh bagi perusahaan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini berupa pemetaan faktor beserta perbaikan yang berpengaruh signifikan bagi kemajuan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya dua faktor yang masih perlu perbaikan, yaitu faktor ke-5 (daftar harga) dengan nilai tingkat kesesuaian responden (Tki) sebesar 0,943 dan faktor ke-9 (promosi penjualan) dengan nilai Tki sebesar 0,973. Hasil usulan penelitian terhadap kedua faktor melalui media Instagram berhasil meningkatkan likers sebanyak 0,122%. Peningkatan ini signifikan terhadap penjualan produk tableware handmade.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tableware, Keramik, Penjualan, Strategi Pemasaran, Marketing Mix.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 07 Dec 2021 09:52
Last Modified: 07 Dec 2021 09:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25779

Actions (login required)

View Item View Item