AKTIVITAS KOMUNIKASI EKSTERNAL JEMAAT AHMADIYAH INDONESIA (JAI) (Studi Kasus Aktivitas Komunikasi Eksternal JAI Dalam Membangun Interaksi Sosial Dengan Masyarakat Pasca Penyerangan Markas Besar JAI di Bogor)

RUSLI, NOVIANCA (2021) AKTIVITAS KOMUNIKASI EKSTERNAL JEMAAT AHMADIYAH INDONESIA (JAI) (Studi Kasus Aktivitas Komunikasi Eksternal JAI Dalam Membangun Interaksi Sosial Dengan Masyarakat Pasca Penyerangan Markas Besar JAI di Bogor). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NOVIANCA RUSLI)
170906281 0.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906281 1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906281 2.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
170906281 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
170906281 4.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Komunikasi memiliki lima unsur yang berkaitan satu sama lain yaitu Komunikator, Pesan, Media, Penerima, dan Efek. Komunikasi juga memiliki beberapa kategori berdasarkan jumlah peserta dalam kegiatan komunikasi tersebut, salah satunya adalah komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi adalah proses pertukaran pesan dalam sebuah organisasi dan dipengaruhi oleh lingkungan baik internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada aktivitas komunikasi organisasi eksternal yang dilakukan oleh organisasi Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) pasca terjadinya penyerangan markas besar JAI pada tahun 2005 di Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis berdasarkan komunikasi organisasi yang digagas oleh Hardjana (2019). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan penyajian serta pendeskripsian data berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Terdapat tiga narasumber utama dalam penelitian ini yaitu Ketua cabang Bogor, Mubaligh cabang Bogor, dan Juru Bicara organisasi JAI dan satu narasumber tambahan yaitu Sekretaris Tabligh cabang Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca terjadinya krisis yang menimpa organisasi JAI pada tahun 2005, organisasi JAI terus melakukan aktivitas yang bersifat sosial dan memiliki manfaat bagi masyarakat di sekitar organisasi. Selama 16 tahun pasca terjadinya krisis, organisasi JAI memiliki kemajuan yaitu hubungan antara organisasi JAI dengan masyarakat lokal sekitar markas besar JAI berada sudah membaik. Organisasi JAI hingga saat ini terus berupaya untuk membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat melalui beberapa program yang diadakan baik kepada masyarakat lokal maupun nasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Eksternal Organisasi, Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI)
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 09:59
Last Modified: 14 Dec 2021 10:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25966

Actions (login required)

View Item View Item