PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN CONSUMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Nugraha, Rizky (2021) PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN CONSUMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Rizky Nugraha)
170323858 0.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323858 1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170323858 2.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
170323858 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
170323858 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
170323858 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya perusahaan baru yang lahir pada bidang yang sama memicu persaingan yang ketat, salah satunya yaitu dalam melakukan kegiatan pemasaran. Seiring dengan meningkatnya peran serta penggunaan internet di Indonesia, penggunaan media sosial pun ikut meningkat. Hal ini membuat para pemasar untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk atau jasanya dengan tujuan untuk menciptakan consumer engagement yang lebih tinggi agar mereka dapat menjadi semakin loyal terhadap merek. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek dan peran consumer engagement sebagai variabel mediasi pada objek penelitian Gojek Indonesia sebagai salah satu pelopor transportasi atau ojek online di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner terhadap 220 responden dengan skala likert. Kriteria responden diukur dengan teknik Purposive Sampling dengan kriteria responden yang dilibatkan merupakan responden yang sudah menjadi pengikut (followers) pada akun Instagram Gojek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis) dan diolah melalui software IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemasaran media sosial memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap consumer engagement, consumer engagement memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas merek, pemasaran media sosial memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas merek, dan consumer engagement terbukti sebagai complementary mediation dalam memediasi hubungan antara pemasaran media sosial dan loyalitas merek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 14 Dec 2021 15:01
Last Modified: 14 Dec 2021 15:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25988

Actions (login required)

View Item View Item