Sari, Gandi Wandan (2021) RESPON AUDIENS TERHADAP KAMPANYE PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Gandi Wandan Sari)
185502910_bab 0.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
185502910_bab 1.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
185502910_bab 2.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
185502910_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
185502910_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
185502910_bab 5.pdf Download (460kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon audiens terhadap kampanye pengurangan sampah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta. Berangkat dari artikel berita online CNN Indonesia tahun 2019, yakni data KLHK : 72% masyarakat Indonesia tidak peduli masalah sampah plastik, sedangkan indonesia merupakan negara penyumbang sampah terbesar kedua di dunia. Menggunakan perspektif komunikasi berkelanjutan sehingga, penelitian ini meneliti salah satu kampanye yang dilakukan oleh pemerintah DLH Kota Yogyakarta. Kampanye sosial mengenai sampah plastik adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh pemerintah dan NGO, sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan mengurangi sampah plastik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Metode survei juga dapat dimanfaatkan sebagai evaluasi atau digunakan untuk memprediksi mengenai fenomena sosial tertentu dalam sebuah penelitian dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner/angket. Sampel pada penelitian merupakan seluruh audiens yang menghadiri kampanye pengurangan sampah di kelurahan Bumijo yang berjumlah 30 orang. Teori Audiens sebagai teori utama yang digunakan dalam penelitian ini teori audiens yang dikemukakan oleh Fleur dan Rokeach (1988) yakni Individual Differences Perspective. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa respon audiens terhadap kampanye pengurangan sampah oleh DLH Kota Yogyakarta secara keseluruhan lebih cenderung mendapatkan banyak respon positif dengan persentase, (1) respon audiens terhadap materi kampanye 73% respon positif dan 27% respon negatif. (2) respon audiens terhadap Praktek kampanye 67% respon positif dan 33% respon negatif. Pendapat dan saran yang diberikan oleh audiens kampanye pada kuesioner terbuka, menginginkan kampanye nantinya dilakukan langsung ke masyarakat umum (mahasiswa pendatang atau masyarakat awam) dengan persentase 40%, mengingat kampanye yang dilakukan selama ini berskala per kecamatan dan baru di tahun 2020 berskala per kelurahan yang mana peserta yang mengikuti kampanye hanya perwakilan dari setiap RT/RW yang ada di daerah tersebut.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiens kampanye, Respon audiens, Kampanye sosial |
Subjects: | Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 19:28 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 19:28 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26178 |
Actions (login required)
View Item |