PERWUJUDAN KARAKTERISTIK CITY BRANDING GARUT MELALUI BRANDING PARIWISATA

Zaman, Muhammad Badru (2021) PERWUJUDAN KARAKTERISTIK CITY BRANDING GARUT MELALUI BRANDING PARIWISATA. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Muhammad Badru Zaman)
185402943_bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
185402943_bab 1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
185402943_bab 2.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
185402943_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
185402943_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
185402943_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
185402943_bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dengan berkembangnya zaman maka timbullah persaingan, tidak hanya persaingan bisnis yang berupa produk ataupun perusahaan, namun persaingan antar kota juga semakin berkembang setiap tahunnya. Persaingan diantara Kota atau wilayah, selalu berkaitan dengan pemasaran dan branding wilayah. Salah satunya mengacu kepada City Branding, City Branding atau Branding Kota secara sederhana dapat dikatakan sebagai merek atau slogan Kota yang menjadi ciri khas Kota tersebut. Strategi ini digunakan sebagai alat pemasaran Kota agar semakin memiliki kedudukan strategis di mata nasional maupun dunia. Dimana Pariwisata merupakan salah satu unsur Smart Branding dalam City Branding. Khususnya pada Garut banyak sekali City Branding dalam sektor Pariwisata yang dapat dijadikan sebagai promosi dalam meningkatkan kualitas dan Identitas Kota sehingga dapat dikenal luas baik di tingkat Daerah atau Nasional dan bahkan tingkat Internasional. Sehingga dalam penelitian ini peneliti melakukan penerapan sebuah Branding Pariwisata yang memiliki nilai tinggi yang kemudian akan di jadikan sebagai City Branding Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method pada kategori eksplanatoris sekuensial dengan analisa data-data kuantitatif dan diikuti analisa secara kualitatif. Data-data penelitian diperoleh dengan cara survey dan observasi langsung kemudian dianalisis dengan cara mengguakan software instamancar yang merupakan grabbing data dari instagram. Software ini bertujuan untuk mencari tahu kata atau branding apa saja yang sering muncul pada instagram yang kemudian akan dijadikan sebagai rekomendasi City Branding Garut. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu munculnya salah satu Branding dengan sebutan “Garut Selatan” Kata Garut Selatan merupakan suatu wilayah yang memiliki tempat wisata berupa pantai. Sehingga branding tersebut bisa digunakan sebagi salah satu city branding Garut dan harus dilakukan kajiankajian yang lebih mendalam tentang City Branding Garut sehingga dapat terus berjalan dan berdampingan dengan program dan konsep yang dikeluarkan oleh pemerintah khususnya pada bida pariwisata.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakteristik City Branding, branding, pariwisata.
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 04 Feb 2022 16:31
Last Modified: 04 Feb 2022 16:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item