VILLIANA, STEFANIE AGNESIA (2021) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DU ANYAM DALAM MEMBENTUK BRAND IMAGE KONSUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (STEFANIE AGNESIA VILLIANA)
17 090 6191 0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
17 090 6191 1.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
17 090 6191 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
17 090 6191 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
17 090 6191 4.pdf Download (355kB) | Preview |
Abstract
Du Anyam merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang social enterprise dan melakukan pemberdayaan terhadap mama-mama yang ada di wilayah Timur Indonesia. Du Anyam bergerak dalam usaha kerajinan anyaman yang pasar utamanya adalah B2B. Kehadiran Du Anyam sebagai salah satu produk anyaman lokal menarik perhatian karena implementasi komunikasi pemasaran yang diterapkan terbilang berbeda dari perusahaan lainnya. Mengulik lebih jauh mengenai implementasi komunikasi pemasaran yang Du Anyam lakukan dalam membentuk brand image menjadi tujuan dari penelitian ini. Terlebih brand image yang dibangun pada konsumen terlihat berhasil tertanam di benak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui wawancara terhadap dua narasumber yaitu Head of Business Development & Marketing serta salah satu staff Marketing & Sales Du Anyam. Tidak sampai di situ, penelitian ini juga dilengkapi dengan data melalui studi pustaka dan sumber dari web Du Anyam. Dalam proses menemukan hasil, maka dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Peneliti berhasil menemukan bahwa implementasi komunikasi pemasaran Du Anyam melalui konsep storytelling, menampilkan cerita dibalik produk dan mama-mama penganyam menjadi implementasi komunikasi pemasaran yang efektif. Dengan menentukan target pasar yang tepat dan memahami value apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan serta memanfaatkan berbagai media komunikasi dengan tepat akan membentuk brand image yang tepat pada konsumen. Du Anyam mampu membentuk brand image positif dan menunjukan bahwa produk anyaman yang dimiliki bukan hanya sekadar produk namun juga ada value yang ditawarkan, yaitu mengenai pemberdayaan dan dampak sosial terhadap komunitas yang dibina.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Komunikasi Pemasaran, Brand Image, Konsumen |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 09:25 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 09:25 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26248 |
Actions (login required)
View Item |