PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGEMUDI “GOCAR” DENGAN MAHASISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

HAPSARI, CLARA DANIA (2021) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PENGEMUDI “GOCAR” DENGAN MAHASISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CLARA DANIA HAPSARI)
150905717 0.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905717 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150905717 2.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
150905717 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
150905717 4.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menghadirkan berbagai aplikasi yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Hal ini membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat, salah satunya dalam dunia transportasi. Pada tahun 2015, PT. Gojek Indonesia menghadirkan ojek online yang mengeser keberadaan ojek konvensional. Salah satu fasilitas yang dimiliki PT. Gojek Indonesia adalah “Gocar” atau ojek roda empat. Maraknya peggunaan “Gocar” membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara pengemudi “Gocar” dengan konsumennya. Konsumen yang dikaji dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari empat pengemudi “Gocar” dan empat mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara pengemudi “Gocar” dengan mahasiswa sesuai dengan pemahaman Mulyana (2017 : 69) bahwa proses terjadinya komunikasi interpersonal adalah adanya keinginan terlebih dahulu dari komunikator untuk berkomunikasi dengan komunikannya. Komunikasi yang baik dapat menciptakan respon atau feedback. Cara yang dilakukan agar kualitas komunikasi interpersonal dapat terjalin dengan baik adalah dengan memenuhi syarat kualitas komunikasi interpersonal milik Devito (2011 : 252), yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Keterbukaan yang terjadi berkaitan dengan kemauan untuk menanggapi apa yang sedang dikomunikasikan antara pengemudi “Gocar”

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, gocar, pengemudi, mahasiswa
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Feb 2022 10:24
Last Modified: 10 Feb 2022 10:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26252

Actions (login required)

View Item View Item