Tania, Marvel Arkha (2022) Perancangan Animasi 3D Tempat Wisata Pos Lintas Batas Negara antara Indonesia dan Papua Nugini. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Marvel Arkha Tania)
170709148_bab 0.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
170709148_bab 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
170709148_bab 2.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
170709148_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text
170709148_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
170709148_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
170709148_bab 6.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Teknologi telah mengalami perkembangan tiap tahun, perkembangan teknologi berdampak besar terhadap banyak bidang dan juga kehidupan manusia. Teknologi berperan dalam membantu mempermudah aktivitas dari manusia, contohnya adalah mobil, motor, komputer, laptop, dan smartphone. Kebanyakan dari alat-alat tersebut sudah terhubung dengan jaringan internet. Dengan berkembangnya teknologi, informasi yang ingin didapatkan atau diperoleh jadi lebih mudah melalui internet. Internet memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat. Dengan adanya perubahan dalam teknologi dan juga internet yang mempermudah dalam melakukan pengambilan informasi, sehingga membuat multimedia juga mengalami perkembangan. Dengan berkembangnya zaman dan juga teknologi, masyarakat dapat lebih mudah untuk mengetahui tentang tempat-tempat dan juga objek wisata. Saat ini sudah banyak tempat wisata yang muncul di berbagai tempat, seperti museum, taman hiburan, tempat wisata dengan berbasis pemandangan yang indah. Sementara tempat wisata yang berada di antara perbatasan Indonesia dan Papua Nugini belum banyak diketahui dan dikenal. Salah satu contohnya adalah tempat wisata Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw. Untuk mengatasi masalah tersebut dan juga memperkenalkan mengenai tempat wisata tersebut, dibuatlah sebuah perancangan simulasi dalam bentuk 3D yang dibuat untuk memproyeksikan tempat wisata PLBN Skouw. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah simulasi 3D yang menampilkan dan memproyeksikan dengan jelas mengenai objek dan tempat wisata yang berada di PLBN Skouw. Simulasi 3D ini diujikan kepada 10 responden melewati proses wawancara dan kuesioner dan menghasilkan respon positif, yaitu feedback dari responden yang menyatakan bahwa simulasi 3D ini sudah sesuai dan efektif dalam memperkenalkan dan mempromosikan mengenai tempat wisata yang ada di PLBN Skouw. Namun terdapat saran dan masukan terhadap tampilan dari segi grafik dan fungsi-fungsi yang ada di dalam simulasi ini. Saran dan masukan yang diberikan tersebut diharapkan menjadi motivasi penulis agar simulasi 3D ini dapat dibangun menjadi lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi, animasi 3D, simulasi, tempat wisata |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 13:53 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 13:53 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26271 |
Actions (login required)
View Item |