STRATEGI BERTAHAN HIDUP MANTAN PEKERJA HOTEL EASTPARC DAN GRAND QUALITY DI YOGYAKARTA YANG TELAH DI-PHK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Puspiati, Ni Kadek Kompyang (2021) STRATEGI BERTAHAN HIDUP MANTAN PEKERJA HOTEL EASTPARC DAN GRAND QUALITY DI YOGYAKARTA YANG TELAH DI-PHK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ni Kadek Kompyang Puspiati)
161006092 0.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006092 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006092 2.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
161006092 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
161006092 4.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya kasus kematian akibat corona virus, membuat beberapa sektor mengalami krisis, salah satunya pada industri pariwisata. Hal ini membuat jumlah kunjungan wisatawan manca negara atau wisman ke Daerah Istimewa Yogyakarta melalui pintu masuk Adisutjipto pada Februari 2020 turun 15,18% dibanding jumlah kunjungan pada Januari 2020, yaitu dari 8.371 kunjungan menjadi 7.100 kunjungan. Adanya penurunan jumlah kunjungan,tentunya akan mempengaruhi tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adanya penurunan tingkat penghunian kamar, menyebabkan gelombang pemutusan hubungan kerja menjadi meningkat. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait dengan kondisi mantan pekerja hotel setelah di-PHK, strategi bertahan hidup mantan pekerja hotel,dan alasan pemilihan strategi bertahan hidup yang dilakukan oleh mantan pekerja hotel setelah di-PHK selama masa pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualititatif dengan metode studi kasus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi,rekaman arsip dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode penjodohan pola dan pembuatan eksplanasi.Berdasarkan tindakan sosial dari Max Weber yang mana merupakan landasan dari setiap tindakan yang diambil,hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi mantan pekerja hotel yang telah di-PHK,dari segi pendapatan tentu mengalami pengurangan. Adapun strategi bertahan hidup yang dilakukan, yakni berupa strategi aktif yang ditujukan dengan mencari pekerjaan utama dan melakukan pekerjaan sampingan,strategi pasif berupa alternatif kegiatan lainnya dan melakukan penghematan,dan strategi jaringan berupa meminjam uang/modal kepada tetangga atau bank dan koperasi. Selain dengan pertimbangan yang sadar,dari informasi yang diberikan oleh informan, alasan yang dipilih bergantung pada alat/keahlian yang dimiliki,dan sejauh ini tujuan yang dimiliki telah tercapai,yaitu pemenuhank ebutuhan hidup setiap individu/anggota keluarga. Tercapainya tujuan ini,mengindikasikan bahwa keputusan yang diambil/dipilih adalah tepat sasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja,Tindakan Sosial MaxWeber,Strategi Bertahan Hidup,Pengambilan Keputusan.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 08 Mar 2022 14:22
Last Modified: 08 Mar 2022 14:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26568

Actions (login required)

View Item View Item