PENERAPAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT UNTUK PERBAIKAN PROSES PEMESANAN PRODUK CUSTOM DI ALETA LEATHER

TRISTIADI, ALOYSIUS KALIS (2022) PENERAPAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT UNTUK PERBAIKAN PROSES PEMESANAN PRODUK CUSTOM DI ALETA LEATHER. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ALOYSIUS KALIS TRISTIADI)
150608566 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
150608566 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150608566 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
150608566 3.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
150608566 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
150608566 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
150608566 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aleta Leather merupakan suatu industri kerajinan kulit yang menghasilkan beragam bentuk kerajinan dengan bahan baku utama yaitu kulit sapi asli. Selain penjualan produknya secara langsung ditempat, Aleta Leather khususnya bagian cutomer service juga menerima pesanan melalui media sosial dan juga situs belanja online. Pesanan yang masuk lebih banyak merupakan pesanan sesuai kebutuhan konsumen atau custom order. Penelitian yang dilakukan pada Aleta Leather mengindentifikasi masalah dimana setiap adanya pesanan custom yang masuk secara online, selalu terjadi bolakbalik informasi antara bagian customer service dengan bagian gudang dan produksi, untuk menanyakan keinginan konsumen baik jenis kulit maupun contoh warna kulit yang diinginkan. Dengan metode Business Process Improvement dan tools streamlining, dapat diidentifikasi bahwa penyebab terjadinya bolak-balik informasi karena customer service tidak mengetahui data terkini mengenai stok kulit. Dari tools streamlining itulah memunculkan perbaikan yaitu dilakukan standardization dan simplification. Standardization yang dilakukan yaitu penggunaan data terkini stok bahan baku kulit untuk mempermudah dan membantu customer service untuk memproses langsung pesanan yang diinginkan konsumen, dan simplification yang dilakukan yaitu pesanan yang masuk langsung diproses oleh customer service tanpa menanyakan informasi terlebih dahulu ke bagian gudang dan produksi. Setelah memunculkan perbaikan yang dapat dilakukan, kemudian dimunculkan alternatif penggunaan data terkini sekaligus pemilihan salah satu alternatif tadi. Alternatif yang terpilih adalah penggunaan data terkini menggunakan rancangan spreadsheet google sheet yang akan disesuaikan dengan kebutuhan customer service serta bagian gudang dan produksi sebagai pengguna nantinya. Dari hasil rancangan spreadsheet yang telah dibuat dan dilakukan percobaan, penggunaan spreadsheet data stok kulit Aleta dapat mengurangi 60% frekuensi bolak balik antara customer service dan bagian gudang, serta mengurangi 92,06% waktu respon yang dibutuhkan customer service untuk merespon keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Proses Bisnis, Metode Business Process Improvement, Tools Streamlining, Spreadsheet
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 10 Mar 2022 15:08
Last Modified: 10 Mar 2022 15:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26595

Actions (login required)

View Item View Item