Daya Bidik Media Sosial dalam Pencitraan Perusahaan

Sulistyaningtyas, Ike Devi (2013) Daya Bidik Media Sosial dalam Pencitraan Perusahaan. In: Konferensi Nasional Komunikasi 2013. FISIP Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia, pp. 127-133.

[img]
Preview
Text (Ike Devi Sulistyaningtyas)
Proseding Daya Bidik Media Sosial.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Daya bidik media sosial terhadap pencitraan perusahaan maupun brand, mampu menurunkan biaya kampanye yang biasanya harus dilakukan secara konvensional oleh perusahaan. Media sosial akan membentuk pola komunikasi yang menjanjikan adanya interaksi yang lebih intensif. Dalam Media sosial, publik follower atau fans bebas mengekspresikan apa saja yang ingin diungkapkan. Ruang media sosial sepenuhnya dapat dikendalikan oleh para followeratau fans, itulah sebabnya mengapa kedekatan dapat terwujud, sebab kedekatan sudah tidak lagi berjarak dengan adanya interaksis timbal balik untuk memenuhi kebutuhan follower atau fans. Dalam pendekatan Public Relations, pesan-pesan yang telah disebarkan oleh para follower atau fans dalam media sosial, telah memberikan daya bidik bagi pencitraan perusahaan ataupun produk yang dihasilkan. Nama perusahaan ataupun produk yang menjadi buzzing (bahan pembicaraan), dapat memperoleh efek positif sekaligus menggerakkan stakeholder untuk turut memberikan komentar. Para pemberi komentar dalam media sosial sejatinya adalah titik tembak dari bidikan yang dilontarkan oleh penggagas pesan. Maka kelak follower yang dengan sukarela memberikan komentar tersebut, pada akhirnya dapat berperan sebagai third party endorsement (pihak ketiga) yang akan menyampaikan pesan tersebut kepada pihak lain. Sehingga pesan akan lebih cepat menyebar dan jangkauannyapun semakin meluas.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: media sosial, citra, follower atau fans, stakeholder
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Apr 2022 10:43
Last Modified: 07 Apr 2022 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26688

Actions (login required)

View Item View Item