USER EXPERIENCE DARI WISATAWAN TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI PAYMENT GATEWAY JOGJAKITA

WIDYASWARI, TYAS DWI (2022) USER EXPERIENCE DARI WISATAWAN TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI PAYMENT GATEWAY JOGJAKITA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TYAS DWI WIDYASWARI)
160906007 0.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906007 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906007 2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
160906007 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
160906007 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengalaman pengguna menjadi faktor yang paling penting untuk menentukan suatu keberhasilan ataupun kegagalan dalam sebuah peluncuran aplikasi. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya sebuah aplikasi, maka diperlukan beberapa elemen mengenai pengalaman pengguna yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk evaluasi secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman user experience JogjaKita dalam menggunakan aplikasi payment gateway yang dirilis oleh Kamar Dagang Industri Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pariwisata dari Bungin untuk mengetahui apa saja elemen komunikasi pariwisata yang digunakan dalam aplikasi JogjaKita, kemudian bagaimana penyampaian pesan secara verbal dan non-verbal yang diterapkan oleh aplikasi JogjaKita. Kedua teori komunikasi tersebut akan dianalisis menggunakan tahapan elemen user experience dari Frank Guo yang terdiri dari kegunaan (Usability), Nilai (Value), Kemudahan untuk mengakses (Adoptability), dan Kesukaan (Desirability). Peneliti menggunakan studi deskriptif kualitatif dalam penelitian ini dengan metode penyajian data berdasarkan wawancara dan observasi. Penelitian ini melibatkan beberapa narasumber yaitu pengguna aplikasi JogjaKita yang berasal dari Yogyakarta dan luar Yogyakarta, serta Kepala Divisi Aplikasi JogjaKita. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan yaitu secara verbal dan non-verbal aplikasi JogjaKita sudah memiliki informasi yang baik, aplikasi JogjaKita memiliki beberapa layanan yang lengkap untuk pengguna namun masih ada beberapa kendala secara teknis dalam sistem aplikasi JogjaKita sehingga belum sepenuhnya dapat membantu pengguna memenuhi kebutuhannya ketika melakukan wisata di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: User Experience, Payment Gateway, Komunikasi Pariwisata, Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 May 2022 14:26
Last Modified: 12 May 2022 14:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26764

Actions (login required)

View Item View Item