DAMPAK PENGALAMAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MAKANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM KONTEKS SOCIAL COMMERCE

Waworuntu, Billy Josef (2022) DAMPAK PENGALAMAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MAKANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM KONTEKS SOCIAL COMMERCE. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Billy Josef Waworuntu)
205303280_bab 0.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205303280_bab 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
205303280_bab 2.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
205303280_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
205303280_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
205303280_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
205303280_bab 6.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi mempunyai peran penting dalam perkembanan Social commerce khususnya dalam pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter oleh individu dan naiknya angka pembelian online lewat media sosial terhadap makanan dalam masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor dampak pengalaman sosial dan pengaruh situasional terhadap keputusan membeli produk makanan dalam konteks social commerce dengan situasi dan kondisi pandemi covid-19. Pengumpulan data dengan menggunakan google form kepada responden untuk mengisi kuesioner yang sudah di validasi berdasarkan model teoritis. Kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equations Model (SEM). Hasil dari penelitian menunjukan Parasocial interaction merupakan faktor yang paling berpengaruh signifikan, selanjutnya Situational influences dan yang terakhir Perceived Herd Behavior. Sebaliknya faktor Subjective norms dan Peer communication menunjukan pengaruh yang tidak signifikan terhadap niat beli produk makanan di social commerce. Penelitian ini mempunyai implikasi praktis untuk berkontribusi terhadap strategi penjualan untuk meningkatkan niat beli pelanggan di social commerce khususnya dalam penjualan produk makanan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SEM, Social commerce, Teori dampak sosial, situational influences
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Jun 2022 11:08
Last Modified: 15 Jun 2022 11:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/26984

Actions (login required)

View Item View Item