STOCK HUNTING ATAU BLUE CHIP INVESTMENT: ANALISIS PREFERENSI INVESTOR RITEL SAHAM SECARA VIRTUAL GEOGRAFIS DI JEJARING SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Indriani, Made Listya (2022) STOCK HUNTING ATAU BLUE CHIP INVESTMENT: ANALISIS PREFERENSI INVESTOR RITEL SAHAM SECARA VIRTUAL GEOGRAFIS DI JEJARING SOSIAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Made Listya Indriani)
180324474_Bab 0.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324474_Bab 1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324474_Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
180324474_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
180324474_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
180324474_Bab 5.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian saham oleh investor ritel dalam beberapa situasi dan mengeksplorasi alternatif minat yang diberikan oleh investor ritel terhadap kumpulan atribut platform media sosial sebagai media pengumpulan sumber informasi. Metodologi Penelitian: Kuesioner dirancang berdasarkan teknik analisis konjoin dan dijawab oleh 105 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Estimasi fungsi preferensi dalam analisis konjoin dirancang menggunakan orthogonal array dan dihitung menggunakan teknik regresi kuadrat terkecil. Temuan/Hasil: Studi ini mengungkapkan bahwa investor memberikan preferensi tertinggi pada platform media sosial dan niat perilaku untuk berinvestasi ketika memilih portofolio investasi yang diinginkan. Platform media sosial yang paling disukai oleh investor adalah Telegram, YouTube, dan Twitter yang berniat berinvestasi pada intraday/cash portfolio di pasar keuangan. Alasan utama di balik pemilihan platform media sosial adalah pemilihan saham spekulatif. Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan dalam kepentingan relatif yang diberikan oleh investor ritel saham terhadap kumpulan atribut platform media sosial. Keterbatasan: Perilaku investasi aktual individu tidak dapat diamati melalui survei, yang membatasi validitas eksternal studi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Perilaku keuangan, Analisis konjoin, Pemilihan portofolio, Investor ritel
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 02 Aug 2022 13:52
Last Modified: 02 Aug 2022 13:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27105

Actions (login required)

View Item View Item