PENGARUH MARKET POWER (KEKUATAN PASAR) DAN MARKET COMPETITION (PERSAINGAN PASAR) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR RESTORAN, HOTEL, DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2016-2019

Rifomanta, Akhiles (2022) PENGARUH MARKET POWER (KEKUATAN PASAR) DAN MARKET COMPETITION (PERSAINGAN PASAR) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN JASA SUB SEKTOR RESTORAN, HOTEL, DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2016-2019. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Akhiles Rifomanta)
160422830_Bab 0.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160422830_Bab 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160422830_Bab 2.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
160422830_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
160422830_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160422830_Bab 5.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Manajemen laba adalah aktivitas yang dilakukan manajer untuk mengelabui prinsipal dengan memberikan laporan keuangan yang tidak semestinya. Manajemen laba dipengaruhi oleh hasrat untuk memenuhi kepentingan diri sendiri tanpa melihat kepentingan orang lain. Variabel yang mempengaruhi manajemen laba adalah market power dan market competition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh market power dan market competition terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor Restoran, Hotel dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Dalam penelitian ini market power dan market competition merupakan variabel independen. Sedangkan manajemen laba merupakan variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor Restoran, Hotel, dan Pariwisata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 11 total sampel perusahaan. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Berdasarkan saran dari penelitian sebelumnya, penelitian ini menambahkan variabel independen yaitu market power dan persaingan pasar terhadap manajemen laba dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan pasar berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba sedangkan market power yang diproksikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba sub sektor Restoran, Hotel, dan Pariwisata yang terjadi berperanguh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Market Power, Market Competition, Manajemen Laba
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:41
Last Modified: 31 Aug 2022 08:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/27277

Actions (login required)

View Item View Item