FENOMENA KONSUMEN ROKOK ERA BARU : PERILAKU MEROKOK TERHADAP CITRA SIMBOLISME PERSONAL

Triastera, Iwan (2009) FENOMENA KONSUMEN ROKOK ERA BARU : PERILAKU MEROKOK TERHADAP CITRA SIMBOLISME PERSONAL. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM15761.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM15761.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM15761.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM15761.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM15761.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM15761.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku merokok terhadap citra simbolisme personal, mengeksplorasi dan mengklasifikasi fenomena baru kelompok perokok. Tujuan berikutnya adalah menggali pemaknaan individu mengenai perilaku perokok serta karakter psikologis informan. Penetapan informan dilakukan dengan survei awal untuk mendapatkan kriteria yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dari dua puluh orang yang mengikuti proses survey awal hanya delapan informan pria dan wanita yang memenuhi kriteria. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Grounded Theory dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan secara garis besar bahwa ada perbedaan peran antara pria dan wanita perokok. Simbol yang dihasilkan melalui interaksionisme simbolik antara pria dan wanita berbeda. Sonar sosial yang dihasilkan oleh informan pria adalah kesan macho, pria sejati, lambang kekuatan dan keberanian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan citra diri seseorang. Wanita perokok mempunyai citra negatif di hadapan masyarakat, citra yang melekat adalah wanita nakal dan jauh dari kesan feminin. Citra diri lainnya adalah menyimpang dari tatanan budaya dalam masyarakat. Penelitian ini menemukan fenomena bahwa merokok bukan hanya sebagai suatu kebiasaan, merokok adalah lambang dari simbol – simbol yang dapat memberikan pandangan mengenai karakteristik seorang perokok secara psikologis dan sosiologis

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Simbolisme Produk, Konsumsi Rokok, Fenomena Sosial, Simbolisme personal
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Jul 2013 13:27
Last Modified: 02 Jul 2013 13:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item