EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Jalan Kapten Haryadi, Sleman, Yogyakarta)

Tasik, Andreas Rizkar (2021) EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Jalan Kapten Haryadi, Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Andreas Rizkar Tasik)
160216471_Bab 0.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216471_Bab 1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216471_Bab 2.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216471_Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
160216471_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
160216471_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160216471_Bab 6.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari karena berfungsi sebagai penghubung satu daerah ke daerah lainnya. Perkembangan penduduk yang sangat pesat pada suatu daerah menyebabkan bertambahnya volume kendaraan. Demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi pengendara, perkerasan jalan harus memiliki kualitas yang baik sehingga aman untuk dilalui oleh kendaraan. Jalan Kapten Haryadi, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I Yogyakarta merupakan salah satu ruas jalan yang mengalami kerusakan pada permukaan jalannya dikarenakan beberapa faktor seperti cuaca dan sistem irigasi yang kurang baik. Untuk itu pada penelitian ini penulis bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI). Ruas Jalan yang diteliti yaitu sepanjang 2 Km yang dibagi menjadi 20 unit segmen dengan panjang tiap unit segmen yaitu 100 meter. Dimuali dari posisi awal STA 0+000 pertigaan depan Tiendtin Fashion dan posisi akhir STA 2+000 pertigaan depan A Sell Yogya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapati 6 jenis kerusakan yang terjadi. Jenis-jenis kerusakan tersebut antara lain kerusakan retak kulit buaya, tambalan, Lubang, retak pinggir, retak memanjang/melintang, dan pelepasan butiran. Untuk nilai kondis kerusakan metode Pavement Condition Index rata-rata dari seluruh unit segmen penelitian sebesar 27,65 dengan kondisi buruk (poor). Untuk kerusakan dengan dengan luas paling besar yaitu retak kulit buaya 1270, 97 m2 (58,97%) dan kerusakan dengan luas paling kecil yaitu pelepasan butiran (1,59%). Sedangkan berdasarkan nilai kondisi kerusakan menggunakan Metode PCI diperoleh persentase 15,55% sempurna (excellent), 13,02% sangat baik (very good), 12,12% baik (good), 17,18% sedang (fair), 17,9% buruk (poor), 13,02% sangat buruk (very poor), dan 11,21% gagal (failed). Tindakan tepat yang dapat dilakukan dalam penanganan kerusakan jalan yaitu dengan melakukan pemeliharaan jalan berupa perbaikan kerusakan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi di lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI), Pemeliharaan jalan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:25
Last Modified: 19 Jan 2023 13:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28140

Actions (login required)

View Item View Item