PENERAPAN DOWNWARD COMMUNICATION PEMIMPIN HOTEL GRAND KEISHA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN

MANIK, TERESIA TRI ADELITA (2022) PENERAPAN DOWNWARD COMMUNICATION PEMIMPIN HOTEL GRAND KEISHA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERESIA TRI ADELITA MANIK)
180906687 0.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906687 1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906687 2.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
180906687 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906687 4.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Downward communication merupakan pemberian informasi mengalir dari posisi tingkat yang lebih tinggi ke posisi tingkat yang lebih rendah di dalam suatu organisasi (Pace & Faules, 2005:184). Pemimpin Hotel Grand Keisha Yogyakarta memberikan informasi seputar instruksi tugas yang perlu dikerjakan langsung oleh karyawan melalui briefing maupun training. Supaya instruksi tugas dapat terlaksana dengan baik, maka perlu adanya motivasi kerja, sehingga karyawan dapat bekerja dengan hasil yang maksimal. Motivasi kerja merupakan hal yang perlu didorong oleh seorang pemimpin dalam suatu organisasi. Meningkatkan motivasi kerja karyawan dapat dilakukan melalui proses komunikasi dengan memberikan reward atau ucapan pujian maupun ucapan terima kasih. Reward dapat diberikan berdasarkan hasil kerja yang dilakukan oleh karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana memiliki tujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis downward communication yang dilakukan pemimpin Hotel Grand Keisha Yogyakarta kepada karyawannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara langsung bersama narasumber, observasi ke lapangan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan downward communication yang dilakukan pemimpin Hotel Grand Keisha Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan memberikan informasi yang berkaitan dengan instruksi tugas, serta pemberian reward dan punishment berdasarkan hasil kinerja karyawan. Jika karyawan dapat melaksanakan instruksi tugas dengan baik, maka akan ada reward yang diberikan pemimpin ke karyawan. Dengan demikian, karyawan akan termotivasi dalam melakukan pekerjaannya di Hotel Grand Keisha Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan kepada tiga tingkatan pemimpin yaitu Direktur Utama sebagai top manager, Front Office Manager sebagai middle manager, dan Housekeeping Supervisor sebagai manajer lini pertama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Downward communication, pemimpin, motivasi kerja.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 27 Jan 2023 14:14
Last Modified: 27 Jan 2023 14:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28316

Actions (login required)

View Item View Item