PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH DIVISI MEDIA SOSIAL SPESIALIS PADA MOMS ID (Momsindonesia)

RAMADHANY, DESY (2023) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH DIVISI MEDIA SOSIAL SPESIALIS PADA MOMS ID (Momsindonesia). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DESY RAMADHANY)
181006730 0.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006730 1.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
181006730 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
181006730 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
181006730 4.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah memunculkan inovasi baru di bidang media sosial yang dikelola oleh divisi khusus seperti Media Sosial Spesialis yang memiliki tugas dalam menyebarluaskan informasi melalui media sosial. Pada penelitian ini tujuan utamanya yaitu, untuk mengetahui proses pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh divisi media sosial spesialis dan tujuan utama ini dipecah menjadi beberapa tujuan lain untuk mengetahui: 1) pembagian kerja oleh divisi media sosial spesialis, 2) proses alur pembuatan konten oleh divisi media sosial, 3) pola kerja yang berlangsung, 4) pola interaksi antar pengelola media sosial, 5) pola interaksi pengelola dengan followers, dan 6) untuk mengetahui target sasaran MOMS ID (Momsindonesia). Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep Luttrel. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan data sekunder. Dalam temuan penulis dapat menunjukan bahwa pembagian kerja yang dilakukan pengelola media sosial seperti, head of content bertanggung jawab untuk meninjau konten, media sosial spesialis yang bertanggung jawab membuat konsep, desain bertanggung jawab mendesain konten, dan writer bertanggung jawab untuk membuat artikel. Walaupun mereka termasuk dalam satu nama divisi yang sama, pembagian kerja juga dapat dilakukan secara bersama ketika berdiskusi saat meeting atau melalui whatshap. Temuan penulis lainnya juga menjelaskan proses pembuatan konten yang semua anggota divisi media sosialnya terlibat dalam proses tersebut seperti: media sosial spesialis mencari topik/tema bahasan yang kemudian dikonsepkan, setalah itu lanjut ditinjau oleh head of content dan jika disetujui langsung didesain dari tim desain. Di dalam proses pembuatan konten ini tentunya ada pola kerja yang berlangsung yaitu fleksibel, di MOMS ID (Momsindonesia) semua pekerjaan divisi dapat dilakukan secara fleksibel tetapi tetap mengikuti aturan dan deadline. Dalam divisi media sosial juga memiliki pola interaksi yang terjadi secara langsung dan tidak langsung tergantung keadaan saat itu, untuk saat ini pola interaksi yang terjadi lebih ke hybrid. Untuk pola interaksi dengan followers sendiri para pengelola saat ini sudah sering mengadakan event offline yang membuat followers dapat berinteraksi secara langsung dengan para pengelola. Untuk target MOMS ID (Momsindonesia) sendiri sebenarnya diperuntukan untuk para ibu, calon ibu, ayah, tetapi ada beberapa informasi yang diperuntukan untuk umum

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Media Sosial, Instagram, Divisi Media Sosial Spesialis
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Mar 2023 12:36
Last Modified: 03 Mar 2023 12:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item