SHERALYNE, CHARISA (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Campaign.Com Untuk Produk Campaign #ForChange Melalui Media Sosial Tiktok. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (CHARISA SHERALYNE)
180906531 0.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
180906531 1.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
180906531 2.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
180906531 3.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
||
|
Text
180906531 9.pdf Download (617kB) | Preview |
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran menjadi salah satu bagian dalam ilmu komunikasi, yang berperan sebagai unsur penting dalam operasional sebuah perusahaan. Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi pemasaran Campaign.com untuk produk aplikasi Campaign #ForChange beserta berbagai aspek yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan untuk memahami bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Campaign.com, melalui media sosial Tiktok untuk produk berupa aplikasi Campaign #ForChange. Kemudian untuk tujuan dalam penelitian ini merujuk pada menyumbangkan pengetahuan berupa gambaran, terkait dengan strategi yang dilakukan dan bagaimana perusahaan meningkatkan strategi komunikasi perusahaan tersebut. Adapun penelitian ini merupakan jenis kualitatif deksriptif, dengan penggunaan teknik pengumpulan data utama berupa wawancara. Wawancara dilakukan terhadap dua orang perwakilan officer dari Campaign.com. Selanjutnya hasil yang ditemukan dari proses wawancara, akan divalidasi dengan teknik triangulasi data berdasarkan sumber. Triangulasi data ini dilakukan dengan membandingkan hasil temuan dari masing-masing narasumber, untuk mendapatkan validasi data yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SOSTAC. Analisis ini kemudian akan menjabarkan strategi komunikasi pemasaran, yang digunkan oleh perusahaan kedalam unsur-unsur SOSTAC secara mendetail. Setelah dilakukan analisis dari data yang ditemukan, penelitian ini berhasil menggambarkan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Campaign.com untuk promosi produk mereka yakni Campaign #ForChange. Perusahaan Campaign.com menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan promosi menggunakan unsur softselling, yang mendekati kehidupan sehari-hari para audiens media sosial. Kemudian dari hasil penelitian ditemukan pula kelemahan dari strategi komunikasi pemasaran yang telah digunakan oleh perusahaan, yakni perumusan objectives (tujuan) pemasaran yang kurang matang. Sedangkan kekuatan dari strategi komunikasi pemasaran yang digunakan, berada pada kontrol yang konsisten dan disiplin.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi pemasaran, promosi, Campaign.com |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 12 May 2023 18:31 |
Last Modified: | 12 May 2023 18:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/28991 |
Actions (login required)
View Item |