Tarigan, Vanesha Gabryella (2023) ANALISA EFEKTIVITAS UNTUK MENILAI AKTIVITAS PENGENDALIAN KUALITAS PADA HOTEL KOMBOKARNO DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Vanesha Gabryella Tarigan)
190425182_Bab 0.pdf Download (939kB) | Preview |
|
|
Text
190425182_Bab 1.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
190425182_Bab 2.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
190425182_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text
190425182_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
|
Text
190425182_Bab 5.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Kualitas jasa atau produk yang dihasilkan perusahaan merupakan hal yang sangat penting dalam persaingan di lingkungan yang kompetitif. Jasa atau produk yang berkualitas dapat meningkatkan keunggulan perusahaan, untuk mencapai hal tersebut perusahaan perlu melakukan aktivitas pengendalian kualitas. Hotel Kombokarno mengalami peningkatan jumlah review negatif dari tamu yang diperoleh melalui 4 digital platform yang digunakan pihak manajemen hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi biaya kualitas dan tingkat keberhasilan aktivitas-aktivitas pengendalian yang telah dilakukan pihak manajemen hotel. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan dokumentasi. Langkah analisis data meliputi: (1) Mengidentifikasi aktivitas kualitas yang dilakukan di Hotel Kombokarno, (2) Mengidentifikasi sumber-sumber ekonomi yang digunakan oleh setiap aktivitas kualitas yang telah dilakukan, (3) Mengelompokkan biaya kualitas ke dalam empat komponen biaya kualitas, (4) Menghitung perubahan biaya kualitas dengan membandingkan persentase biaya pengendalian dengan persentase biaya kegagalan, (5) Menilai efektivitas pengendalian kualitas dari identifikasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pengendalian kualitas pada Hotel Kombokarno tahun 2021 dan tahun 2022 tidak efektif. Kesimpulan ini didasarkan pada persentase peningkatan biaya pengendalian pada tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 6,67% dan tidak diikuti adanya penurunan biaya kegagalan. Biaya kegagalan mengalami kenaikan sebesar 15,49%. Peningkatan biaya pengendalian juga terjadi pada tahun 2022 sebesar 58,96% dan biaya kegagalan kembali mengalami kenaikan sebesar 26,85%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Efektivitas, Aktivitas Pengendalian Kualitas. |
Subjects: | Akuntansi > Akuntansi Manejemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 15:37 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 15:37 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29705 |
Actions (login required)
View Item |