CALLISTA, THERESIA BELA (2023) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Akun TikTok @madformakeup dari Usaha Kecil Menengah Mad For Makeup). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (THERESIA BELA CALLISTA)
170906348 0.pdf Download (959kB) | Preview |
|
|
Text
170906348 1.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
170906348 2.pdf Download (666kB) | Preview |
|
Text
170906348 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
170906348 4.pdf Download (801kB) | Preview |
Abstract
Pandemi COVID-19 (Novel coronavirus 2019) yang terjadi pada Maret 2020 membuat pemerintah melakukan berbagai pembatasan dan membawa dampak yang besar bagi sektor perekonomian dan perdagangan. Akibat pembatasan tersebut, para pelaku UKM mengalami penurunan penjualan karena adanya perubahan perilaku belanja dan konsumsi masyarakat. Perilaku belanja yang beralih ke media digital selama masa Pandemi COVID-19 menuntut para pelaku usaha untuk beradaptasi. Pandemi COVID-19 juga membuat mayoritas pengguna media sosial menghabiskan waktunya di rumah untuk mengakses video pada aplikasi yang tren yaitu TikTok. Mad For Makeup adalah salah satu UKM yang hadir di TikTok pada masa Pandemi COVID-19. Berlandaskan pada Teori Komunikasi Pemasaran dan Media Baru, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengemasan pesan dan pemanfaatan fitur aplikasi TikTok untuk menunjukan keunikan merek Mad For Makeup. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif paradigma konstruktivis untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media komunikasi pemasaran UKM Mad For Makeup pada masa Pandemi COVID-19. Melalui analisis data Miles dan Huberman dan triangulasi data, diketahui bagaimana Mad For Makeup melakukan proses pengemasan pesan dan pemanfaatan fitur kreatif pada aplikasi TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun ada keterbatasan modal, UKM Mad For Makeup tetap dapat memanfaatkan aplikasi TikTok secara optimal. Proses pengemasan pesan terjadi melalui tahapan targeting hingga selecting media. Lalu, adanya Pandemi COVID-19 tidak menghalangi sektor bisnis manapun untuk menggunakan fitur kreatif pada aplikasi TikTok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UKM, Pandemi COVID-19, TikTok, proses pengemasan pesan, fitur kunci IMC, fitur kreatif TikTok |
Subjects: | Komunikasi > Kajian Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 6 uajy |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 18:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 18:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29802 |
Actions (login required)
View Item |