ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ADDENDUM DAN DAMPAKNYA TERHADAP BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PROYEK TOL SIGLI - BANDA ACEH SEKSI 5

Theo, Rolan (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ADDENDUM DAN DAMPAKNYA TERHADAP BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PROYEK TOL SIGLI - BANDA ACEH SEKSI 5. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rolan Theo)
215118834_Bab 0.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215118834_Bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215118834_Bab 2.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
215118834_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
215118834_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
215118834_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img]
Preview
Text
215118834_Bab 6.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus mengalami perkembangan sebagai wujud nyata pemerintah dalam peningkatan dan pembangunan ekonomi salah satunya adalah pembangunan tol Sigli – Banda Aceh yang merupakan proyek pelaksanaan srategis nasional. Pada masa pengerjaan sering kali dijumpai kendala dan hambatan realisasi pekerjaan yang menyebabkan terjadinya perubahan kontrak atau Addednum yang berpengaruh terhadap biaya dan waktu pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktro penyebab addendum dan pengaruhnya terhadap biaya dan waktu pelaksanaan pembangunan jalan tol Sigli – Banda Aceh. Addendum pada sebuah proyek sangat berpengaruh terhadap biya dan waktu pelaksanaan dan apa bila terjadi secara terus – menerus dapat berdampak buruk pada pembangunan proyek tersebut. Penelitian ini mendapatkan jawaban dari 56 responden terdiri dari kontraktor, owner, dan konsultan hasil faktor utama penyebab addendum dan berdampak terhadap biaya dan waktu analisis megunakan Microsoft Excel dan SPSS mendapatkan hasil addendum berpengaruh terhadap biaya dan waktu dengan nilai signifikansi secara simultan 0,000 dan parsial dibawah 0,05 peningkatan biaya terjadi sebesar 11% pada addendum II dan 23% pada addendum III. Pengaruh terhadap waktu addendum I sebesar 42,11% (Kontrak awal ke Addendum I) dan pada addendum III keterlambatan sebesar 17,39% (Addendum I ke Addendum III).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kontrak Addendum, Biaya, Waktu, Jalan Tol.
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Sep 2023 19:25
Last Modified: 11 Sep 2023 19:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29844

Actions (login required)

View Item View Item