ANALISIS PENERIMAAN PERMAINAN GAMELAN METAVERSE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2

Marlen, Daniel Renato (2023) ANALISIS PENERIMAAN PERMAINAN GAMELAN METAVERSE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Daniel Renato Marlen)
191710096_Bab 0.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710096_Bab 1.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710096_Bab 2.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
191710096_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
191710096_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img]
Preview
Text
191710096_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metaverse Gamelan merupakan replikasi dari alat musik tradisional gamelan yang berasal dari Yogyakarta dalam bentuk virtual reality. Pengembangan VR ini masih tergolong baru sehingga masih terdapat batasan-batasan yang perlu di identifikasi. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan metaverse gamelan dengan menggunakan teori penerimaan yang disebut dengan Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya faktor-faktor apa saja yang menghambat metaverse Gamelan sehingga dapat diterima sebagai media bermain alat musik virtual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deduktif dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa permainan metaverse gamelan sudah dapat diterima sebagai metode yang efektif dalam permainan musik. Walaupun pengguna menunjukkan peningkatan dalam kemampuan memainkan alat musik gamelan, namun pengguna masih kesulitan dalam mengaplikasikan konsep musik dan belum menunjukkan peningkatan dalam pemahaman tentang konsep musik seperti irama dan nada. Selain itu, pengguna juga belum menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan dan minat dalam belajar musik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metaverse Gamelan, PLS-SEM, TAM 2, Hipotesis, Signifikasi.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Sep 2023 18:23
Last Modified: 15 Sep 2023 18:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29923

Actions (login required)

View Item View Item