PENGEMBANGAN GAME YANG MENERAPKAN PROCEDURAL GENERATION DENGAN UNREAL ENGINE 4

Rahardja, Yotam Niki (2023) PENGEMBANGAN GAME YANG MENERAPKAN PROCEDURAL GENERATION DENGAN UNREAL ENGINE 4. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yotam Niki Rahardja)
190710171_Bab 0.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710171_Bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710171_Bab 2.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
190710171_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
190710171_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
190710171_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
190710171_Bab 6.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi memungkinkan ilmu informatika untuk menciptakan produk berupa game yang merupakan sarana hiburan. Sudah banyak game yang diciptakan oleh berbagai pengembang yang tersebar diberbagai tempat. Namun, dalam proses pembuatan game, terkadang terdapat proses yang sulit dan memakan banyak waktu, salah satunya pada proses pembuatan game levelnya. Sebagai contohnya yaitu dalam pembuatan game dengan genre puzzle. Perbedaan ukuran pada level saja harus memberikan variasi pada level dan juga tingkat kesulitannya agar tidak membosankan. Kesamaan langkah maupun jalur yang harus diambil pun akan membuat pemain merasa gamenya terlalu mudah. Dalam menangani permasalahan tersebut, penulis akan mengembangkan sebuah game dengan genre puzzle. Level dari game tersebut akan digenerasi menggunakan metode procedural generation agar level atau tempat bermainnya dapat tergenerasi otomatis dengan fleksibel dan bervariasi. Pengembangan game tersebut dilakukan dengan menggunakan game engine Unreal Engine 4, menggunakan bahasa pemrograman C++ yang juga dikombinasikan dengan Unreal Engine Blueprint. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah sebuah game yang dapat dimainkan dengan genre puzzle dengan tujuan untuk menelusuri dan mencapai bagian akhir dari levelnya yang akan dilambangkan dengan sebuah tropi. Jalur dari game tersebut akan digenerasi oleh komputer, jadi pemain tidak akan bisa menyelesaikannya dengan terlalu mudah / dengan melalui jalur yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Game, Puzzle, Procedural Generation, Unreal Engine 4, Unreal Engine Blueprin
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Sep 2023 18:48
Last Modified: 25 Sep 2023 18:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item