STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM DAPUR SEHAT ATASI STUNTING OLEH BKKBN JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA PENURUNAN ANGKA STUNTING DI KOTA SEMARANG

Sutanto, Hosea Richard (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM DAPUR SEHAT ATASI STUNTING OLEH BKKBN JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA PENURUNAN ANGKA STUNTING DI KOTA SEMARANG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Hosea Richard Sutanto)
190906816_Bab 0.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906816_Bab 1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906816_Bab 2.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text
190906816_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906816_Bab 4.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Program Dapur Sehat Atasi Stunting adalah salah satu langkah intervensi yang diluncurkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk menanggulangi masalah stunting. Kegiatan utama yang terkandung dalam Program DAHSAT, berisikan edukasi kepada target sasaran tentang pemenuhan gizi seimbang dengan pemanfaatan sumberdaya lokal. Demi tercapainya tujuan Program DAHSAT yakni penurunan angka stunting, strategi komunikasi menjadi penting untuk diperhatikan dalam hal penyampaian pesan-pesan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh BKKBN Jawa Tengah saat pelaksanakan Program DAHSAT di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus melalui teknik wawancara mendalam. Wawancara dilakukan dengan BKKBN Jawa Tengah yang memiliki peran dalam terlaksananya Program Dapur Sehat Atasi Stunting yakni pihak yang tergabung dalam subbidang Analisis Dampak Kependudukan. Selain itu, kader kesehatan dan masyarakat yang terdapat di Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang juga menjadi informan dalam wawancara yang dilakukan. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah BKKBN Jawa Tengah belum menerapkan strategi komunikasi secara terstruktur. Walaupun beberapa komponen yang terdapat dalam konsep strategi komunikasi, sudah diterapkan oleh BKKBN Jawa Tengah dengan banyak melibatkan pihak-pihak eksternal. Proses komunikasi kesehatan yang terjadi di dalam pelaksanaan Program DAHSAT, setidaknya telah membantu beberapa masyarakat untuk mengenal apa itu stunting dan cara pencegahannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BKKBN Jawa Tengah, Program DAHSAT, Strategi Komunikasi.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 Oct 2023 16:40
Last Modified: 26 Feb 2024 03:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item View Item