Rahardian, Michael Fernando Revandra (2023) STRATEGI KOMUNIKASI ENTITAS RUANG BUAT DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KREATIF. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Michael Fernando Revandra Rahardian)
190906856 - 0.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
190906856 - 1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
190906856 - 2.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
190906856 - 3.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
|
Text
190906856 - 4.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat didukung dengan penerapan strategi komunikasi, namun sejauh ini UMKM kerap kali menginginkan strategi komunikasi yang fleksibel dan terkadang masih belum melakukan strategi komunikasi yang tepat. Sebuah UMKM dapat memperluas brand dan produk melalui strategi komunikasi dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dari Ruang Buat dalam meningkatkan brand awareness sebagai UMKM kreatif. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang meninjau terkait strategi komunikasi dalam meningkatkan brand awareness yang dilakukan oleh UMKM Ruang Buat. Kerangka teori dalam penelitian ini memiliki fokus pada strategi komunikasi dalam meningkatkan brand awareness. Peneliti melakukan proses pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam kepada kedua subjek penelitian, yakni pemilik Ruang Buat. Setelah itu, peneliti melakukan proses analisis data melalui beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti menemukan bahwa strategi komunikasi dalam meningkatkan brand awareness dari Ruang Buat bernama “Kopi Jumpa Kreatif.” Tujuan dari “Kopi Jumpa Kreatif” adalah menanamkan pesan kepada target audience bahwa Ruang Buat merupakan UMKM kreatif. Ruang Buat memiliki konsep memadukan coffee shop dengan workshop kreatif. “Kopi Jumpa Kreatif” merupakan strategi komunikasi yang berfokus pada meningkatkan brand awareness Ruang Buat sebagai UMKM kreatif. Oleh karena itu, pesan yang dirancang oleh Ruang Buat dalam “Kopi Jumpa Kreatif” sepenuhnya mengarah pada kegiatan kreatif yang terdapat di Ruang Buat. Adapun cara mengomunikasikan “Kopi Jumpa Kreatif” yang dilakukan oleh Ruang Buat, yaitu dengan pendekatan personal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, brand awareness, UMKM kreatif, Kopi Jumpa Kreatif |
Subjects: | Komunikasi > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 22:40 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 22:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30618 |
Actions (login required)
View Item |